Abstract:
Dede Akhirudin NPM: 021117015, Efektivitas Pemasaran Melalui Sosial Media
Instagram Pada Toko Inces Olshop, di bawah bimbingan: Sri Hartini dan Aditya Prima Yudha,
2022.
Efektivitas dalam dunia pemasaran digital pada saat ini sangat penting guna menarik
minat konsumen terhadap produk yang dijual. Oleh karena itu, pemilihan strategi penjualan
dan promosi produk harus tepat dan akurat dilakukan dengan menggunakan media sosial
seperti instagram,facebook,youtube dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis tingkat efektivitas pemasaran melalui sosial media instagram pada toko Inces
Olshop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan menggunakan
data primer dan sekunder. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah melakukan
uji validitas dan reliabilitas yang diolah dengan menggunakan IMB SPSS 22, menggunakan
EPIC Model dengan cara menghitung tabulasi sederhana, menghitung skor rata-rata dan
menghitung epic rate.
Hasil penelitian data menunjukan tingkat efektivitas pemasaran melalui sosial media
instagram pada toko inces olshop memiliki hasil nilai EPIC model secara keseluruhan yaitu
sebesar 3,86. Sehingga berdasarkan pada posisi keputusan, maka nilai 3,86 berada pada range
3,40 – 4,20 yang berarti bahwa tingkat efektivitas pemasaran melalui sosial media instagram
pada toko inces olshop masuk kedalam kriteria efektif. Adapun indikator atau dimensi yang
paling dominan adalah persuasion dan communication yang memiliki skor nilai sama yaitu
3,96.
Kata Kunci: Efektivitas Pemasaran, social media instagram