Abstract:
DIKA WAHYU PRASETYA. 02111539. Analisis Tingkat Kepuasan
Pelanggan Jasa Transportasi Gojek Bike (Studi Kasus Pada Warga Kelurahan
Ciparigi Bogor Utara), di bawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI dan
ERIK IRAWAN SUGANDA. 2021.
Semakin banyaknya transportasi ojek online berdampak pada semakin
ketatnya persaingan sehingga semakin banyaknya alternatif pilihan jasa ojek
online. Hal ini menjadikan konsumen semakin selektif. Konsumen akan
memilih salah satu diantara pilihan alternatif yang menurutnya sesuai dengan
yang diinginkan. Mengantisipasi keadaan tersebut maka perusahaan ojek online
harus bisa menciptakan kualitas layanan yang sesuai agar dapat menciptakan
Kepuasan pelanggan.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskritif eksploratif
merupakan suatu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik
populasi atau fenomena yang sedang diteliti. Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan analisis deskriptif atas variabel independen dan dependen yang
selanjutnya akan dikelompokan berdasarkan jawaban yang sama, kemudian
hasil akan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dicari total
tanggapan responden.
Hal ini menunjukan bahwa Kepuasan pelanggan terhadap jasa
transportasi online Gojek cukup baik. indikator Jaminan (Assurance)
mendapatkan nilai rata–rata tertinggi sebesar 85,6%. Hal ini menunjukan
bahwa pelanggan gojek bike memutuskan untuk menggunakan layanan Gojek
tersebut karena jaminan yang diberikan Gojek cukup baik. indikator bukti
fisik, dikatakan demikian karena hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang
menunjukkan bahwa responden memilih karena Fasilitas lengkap seperti:
tersedianya masker, helm, dan motor yang sehat dengan hasil sebesar 87,2.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Jaminan, dan Bukti Fisik