Abstract:
MOCHAMAD ABDUL BASIT AL FAJRI NPM 02111680, Analisis Strategi Pemasaran
Kuliner UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor (Studi kasus Kuliner Mall
BTW Bogor). Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI
dan FREDI ANDRIA. 2022.
Kuliner merupakan pusat jajanan yang digemari oleh masyarakat umum. Beragam
makanan yang telah disediakan oleh pelaku kuliner, dan semua kota di Indonesia tentunya
memiliki sebuah tempat kuliner sesuai khas makanan didaerah tersebut. Berdasarkan fenomena,
penulis tertarik untuk meneliti kejadian yang menimpa Kuliner Mall BTW Bogor sekaligus
menganalisis penurunan pengunjung yang terjadi selama pandemi di tahun 2020 sampai tahun
2021 dan untuk mengetahui analisis strategi yang tepat untuk pelaku umkm binaan DKUKM
Kota Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif mengenai strategi pemasaran umkm kuliner
Mall BTW Bogor, dengan responden Pelaku Kuliner, Pengelola Kuliner, dan Kepala Bidang
UMKM Dinas KUKM Kota Bogor, dengan responden individu yang paham pada objek
fenomena untuk melakukan strategi pemasaran kuliner. Pemilihan responden dilakukan dengan
metode purposive sampling (proses pemilihan responden didasarkan kriteria yang layak sesuai
dengan permasalahan yang diteliti), dengan banyak sampel 6 responden. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, dan metode pengolahan data
menggunakan MATRIKS EFE, IFE, SWOT, dan IE.
Kata Kunci : Analisis staregi, umkm kuliner, pemasaran