FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.author Buulolo, Netralis Agustina
dc.date.accessioned 2023-06-20T07:07:56Z
dc.date.available 2023-06-20T07:07:56Z
dc.date.issued 2022-07-19
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6342
dc.description.abstract NETRALIS AGUSTINA BUULOLO, 021118470, Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor). Di bawah bimbingan: Fredi Andria dan Hasrul. 2022. Kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi kian meningkat terutama ditengah pendemi covid-19. Hal ini disebabkan karena peningkatan aktivitas sehari-hari yang dilakukan melalui daring. Karena kebutuhan tersebut banyak merek provider yang berlombalomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan mudah. Saat ini ada 3 provider yang menempati posisi teratas yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata dibandingkan penyedia jasa layanan lainnya. Strategi pemasaran apa yang digunakan ke tiga provider sehingga menjadi jawara dan memiliki kepercayaan pelanggan terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta apa saja perbedaan strategi pemasaran yang digunakan ke tiga provider sehingga bisa menjadi top brand. Penelitian ini merupakan kualitatif, yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Jenis penelitian yaitu deskriptif komparatiif yang bersifat membandingkan, sumber data penelitian data primer dan sekunder. Penarikan sampel dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus lemeshow, yang terbagi dalam dua jenis responden yaitu responden kunci yaitu pegawai bagian pemasaran atau orang-orang terdekat yang mengetahui informasi secara mendalam tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan provider yang diteliti, Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata dan responden biasa yaitu konsumen dan reseller yang menggunakan dan menjual produk dari provider yang diteliti pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner, metode analisis analisis faktor internal dan faktor eksternal, dengan menggunakan matrik IFE, EFE, IE dan CPM. Hasil penelitian menggunakan matrik IFE dan EFE yang dipetakan dalam matrik IE, posisi Telkomsel kota Bogor berada pada sel IV Tumbuh dan Bina, strategi intensif, alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, atau integrasi kedepan, kebelakan dan horizontal. Sedangkan Indosat Ooredo dan XL Axiata kota Bogor berada pada sel V yaitu Pertahankan dan Pelihara, alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis menggunakan CPM dengan manganalisis faktor sukses kunci, Telkomsel merupakan provider yang paling unggul, disusul Indosat Ooredoo dan terakhir XL Axiata. Kata kunci: Strategi pemasaran 3 provider telekomunikasi en_US
dc.description.sponsorship Fredi Andria - Hasrul en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi pemasaran 3 provider telekomunikasi en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account