Abstract:
NETRALIS AGUSTINA BUULOLO, 021118470, Analisis Strategi Pemasaran 3 Top Brand
Provider Telekomunikasi Indonesia (Studi Kasus di Kota Bogor). Di bawah bimbingan:
Fredi Andria dan Hasrul. 2022.
Kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi kian meningkat terutama ditengah
pendemi covid-19. Hal ini disebabkan karena peningkatan aktivitas sehari-hari yang
dilakukan melalui daring. Karena kebutuhan tersebut banyak merek provider yang berlombalomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan
mudah. Saat ini ada 3 provider yang menempati posisi teratas yaitu Telkomsel, Indosat
Ooredoo dan XL Axiata dibandingkan penyedia jasa layanan lainnya. Strategi pemasaran apa
yang digunakan ke tiga provider sehingga menjadi jawara dan memiliki kepercayaan
pelanggan terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman, serta apa saja perbedaan strategi pemasaran yang
digunakan ke tiga provider sehingga bisa menjadi top brand.
Penelitian ini merupakan kualitatif, yang bersifat deskriptif dan cenderung
menggunakan analisis. Jenis penelitian yaitu deskriptif komparatiif yang bersifat
membandingkan, sumber data penelitian data primer dan sekunder. Penarikan sampel dengan
metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus
lemeshow, yang terbagi dalam dua jenis responden yaitu responden kunci yaitu pegawai
bagian pemasaran atau orang-orang terdekat yang mengetahui informasi secara mendalam
tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari perusahaan provider yang diteliti,
Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata dan responden biasa yaitu konsumen dan
reseller yang menggunakan dan menjual produk dari provider yang diteliti pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner, metode analisis analisis faktor internal dan
faktor eksternal, dengan menggunakan matrik IFE, EFE, IE dan CPM.
Hasil penelitian menggunakan matrik IFE dan EFE yang dipetakan dalam matrik IE,
posisi Telkomsel kota Bogor berada pada sel IV Tumbuh dan Bina, strategi intensif,
alternatif strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, atau
integrasi kedepan, kebelakan dan horizontal. Sedangkan Indosat Ooredo dan XL Axiata kota
Bogor berada pada sel V yaitu Pertahankan dan Pelihara, alternatif strategi penetrasi pasar,
pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis menggunakan CPM
dengan manganalisis faktor sukses kunci, Telkomsel merupakan provider yang paling
unggul, disusul Indosat Ooredoo dan terakhir XL Axiata.
Kata kunci: Strategi pemasaran 3 provider telekomunikasi