Abstract:
Ica Sucihati NPM 021118288. Manajemen Pemasaran, Hubungan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Shop Naraga Kecamatan Jasinga.
Pembimbing: Oktori Kiswati Zaini dan Nizam M. Andrianto. 2022
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kini yang disetiap kota diwarnai dengan
berbagai macam gerai Coffee Shop, berjejer-jejer, berdampingan dan jarang sepi oleh
pengunjung. Melihat fenomena Coffee Shop yang semakin menjamur tentu menimbulkan
adanya persaingan diantara pelaku bisnis Coffee Shop tersebut. Hal tersebut menimbulkan
adanya permasalahan penurunan pengunjung, pendapatan, dan peningkatan keluhan
konsumen yang menunjukan ketidakpuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan pada
Coffee Shop Naraga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang
positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada Coffee Shop Naraga. Jenis
penelitian ini adalah asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu data
primer dengan wawancara dan penyebaran kuisioner terhadap pengunjung di Coffee Shop
Naraga Kecamatan Jasinga dan data sekunder dengan mengakses data melalui internet,
website resmi, dan sosial media Coffee Shop Naraga. Jumlah sampel pada penelitian ini
sebanyak 100 sampel yang merupakan pengunjung di Coffee Shop Naraga Kecamatan
Jasinga dengan penentuan sampel menggunakan pendekatan sampling non probabilitas
(nonprobability sampling) dan metode yang digunakan acidental yaitu merupakan teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan
peneliti di Coffee Shop Naraga dijadikan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis deskriptif dan koefisien korelasi rank Spearman. Berdasarkan hasil
pengolahan data menunjukan bahwa antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen
di Coffee Shop Naraga memiliki pengaruh yang positif. berdasarkan hasil analisis data
tersebut bahwa kualitas pelayanan pada Coffee Shop Naraga adalah relatif baik. kualitas
pelayanan juga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Coffee Shop Naraga
dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (13,528 > 1,6605). Berdasarkan hasil uji koefisien
korelasi spearman antara variabel kualitas pelayanan (X) dengan variabel kepuasan
pelanggan (Y) hipotesis (uji t) terhadap kualitas pelanggan menunjukan adanya korelasi yang
cukup berarti antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan, yaitu sebesar 85%.
Berdasarkan hitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa terlihat nilai sig. Sebesar
0,000 yang artinya memiliki nilai lebih kecil dibandingkan taraf nyata yang digunakan yaitu
5% atau 0, 05. Maka dapat disimpulkan terbukti bahwa terdapat hubungan positif antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada coffee shop Naraga di kecamatan
Jasinga.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen