Abstract:
Nurnita Hayatun Maulana, 022113721, Akuntansi , Akuntansi Keuangan, Pengaruh Biaya
Pemasaran Produk Tabungan Perencanaan Anak Sekolah (Tapenas) Terhadap Peningkatan
Sumber Dana Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Utama Menteng
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan
produk yang dimiliki, dalam hal ini BNI memiliki produk tabungan perencanaan yang di
namakan Tapenas. Dalam rangka memasarkan produk tapenas kepada nasabah ada biaya biaya yang diperlukan antara lain biaya leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan
biaya merchandise. Penulis menggunakan data biaya pemasaran yang terdiri dari biaya
leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise dengan perkembangan
sumber dana untuk tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Teknik data analisis yang
digunakan adalah analisis linier berganda dengan versi SPSS 17.0.
Hasil penghitungan koefisien korelasi yang ditunjukan dengan R sebesar 0.998, hasil
koefisien 0.998 berada pada interprestasi koefisien korelasi 0.80 – 1.00 berada pada tingkat
hubungan yang sangat kuat dan searah antara variable independent (biaya leaflet, biaya
memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise) dengan variable dependent (dana).
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebesar apa peranan yang dihasilkan dari biaya
pemasaran (biaya leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah dan biaya merchandise) untuk
produk tabungan perencanaan anak sekolah dalam meningkatkan sumber dana cabang. Pada
dasarnya semakin menarik program yang dibuat maka akan meningkatkan minat nasabah
untuk mempunyai produk tapenas yang tentunya akan meningkatkan sumber dana cabang
dalam jangka panjang.
Kata kunci : biaya leaflet, biaya memelihara hubungan nasabah, biaya merchandise,
peningkatan dana