FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Hubungan Motivasi Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Imdonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Rina, Rina
dc.date.accessioned 2023-05-22T03:05:42Z
dc.date.available 2023-05-22T03:05:42Z
dc.date.issued 2004-10-09
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6062
dc.description.abstract ABSTRAK Nama Mahasiswa : Rina, NPM : 021100119. Dengan Judul Skripsi : "Hubungan Motivasi Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Imdonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor". Dibawah Bimbingan H. Rijadi. Drs., MM., Selaku Dosen Pembimbing dan Co. Pembimbing Nina Sri Indrawati. SE. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor sebagai objek penelitian beralamat di jalan Ir. H. Djuanda No. 52 Bogor mcrupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu menghimpun dan penyaluran dari masyarakat dan untuk masyarakat. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor untuk memberikan pelayanan yang optimal mempunyai unit-unit pelayanan seperti ; Unit Warung Jambu, Unit Baranang Siang, Unit Tajur, Unit Cibinong, Unit citereup, Unit Darmaga dan Unit Pasar Merdeka. Dalam skripsi ini penulis mengadakan penelitian terhadap responden karyawan PT. Bank Negara Indonesia. Maksud dari penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan dalam penyusunan skripsi. Sedangkan tujuan dari penelitian j-ang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui motivasi karyawan dengan kepuasan keija karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi karyawan dengan kepuasan keija karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah ha! yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekcrja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Motivasi scmakin penting karena dengan pckerjaan yang sedang dikeijakaimya manusia mcmbutuhkan dorongan atau motivasi kepada tujuan yang di inginkan. Demikian pula halnya dengan kepuasan keija karyawan salah satu Viktor dari motivasi karyawan yang memberikan semangat pada karyawan untuk bekerja lebih giat lagi dan loyalitas kepada perusahaan yang tinggi. Dengan melihat perlunya motivasi pada setiap individu akan berdampak pada kepuasan keija karyawan, sehingga kaitan antara keduanya sangat erat sekali. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi karyawan dengan kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi karyawan dengan kepuasan kerja karyawan, maka dapat dihitung dengan menggunakan nilai koefisien korelasi spearman diperoleh dengan mcnycbarkan kucsioner kepada 100 orang responden, digunakan tingkat signifikansi (taraf nyata) sebesar 0,07. Data yang diperoleh dari kuesioner dapat diukur korelasinya dengan menggunakan mctodc statistik non parametrik (korelasi spearman), dimana tcr^pat dua variabel yaitu variabcl motivasi karyawan (X) dan kepuasan kerja karyawan (Y). Dari skor jawaban responden tentang motivasi karyawan dan kepuasan kerja karyawan diperoleh dari hasil yang tinggi, hal ini mcnunjukan bah>va kepuasan kerja karyawan setelah adanya moti\asi yang dilakukan oleh perusahaan sangat berpengaruh. Hal tersebut dapat dilihat dan hasil pcrhitungan yang mcnunjukan antara lain : berdasarkan pcngolahan data dan 100 orang responden dapat dikelahui bahwa 96% memiliki motivasi yang sangat tin^i dan 4% memiliki imrtuasi yang biasa saja, sedangkan apabila dilihat dari kepuasan kerja karyawan dari IO(t orang responden dapat diketahui b^wa 95% memiliki kepuasan keija yang sangat baik dan 5% memiliki kepuasan kerja yang sedang atau biasa saja, kcmudian data yang diperoleh dari hasil perhitungan kuesioner yang telah diolah dan dihitung dengan menggunakan analisis stalistik maka dipcroleh nilai rank spearman (rs) sebesar 0,581, hal ini berarti antara moti\asi karj'awan dengan kepuasan kerja karj'awan mempunyai hubungan j'ang kuat atau positif. Sedangkan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan juga menggambarkan baliwa moti\'asi kan awan mempunyai hubungan yang positif terhadap kepuasan keija kanawan. dimana nilai sebesar 5,81 sedangkan untuk nilai Z,^/ pada label distnbusi normal tidak tercantum dan pasti nilai Z,^j lebih kecil dari nilai maka dengan demikian kecratann>'a sangat signifikan. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa ntlai > Z,^, artinya hipotesis nol (/?„) tersebut ditolak dan hipotesis altematif (//J diterima. Hal tersebut berarti ada hubungan yang kuat aUu korelasi yang tinggi antara motivasi karyawan dengan kepuasan keija karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia. Tbk. Cabang Bogor. Sebagai akliir dari penelitian yang pcnulis lakukan, maka pcnulis dapat memberikan kcsimpulan tentang motivasi kar>'a\van berkaitan erat dengan kepuasan ketja kar\a\%an yang diharapkan dapat menambah lojalitas karyawan kcpada perusahaan dan lebih giat lagi dalam mengerjakan perintah dari atasan. Motivasi yang telah dibcrikan pKTusaliaan sangat menunjang bagi kepuasan kerja karyawaruiya schingga motivasi karvawan dan kepuasan kerja kaiyawannya harus dipertaliankan dan Icbuh ditingkatkan lagi. en_US
dc.description.sponsorship Rijadi - Nina Sri Indrawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Hubungan Motivasi en_US
dc.subject Kepuasan Kerja Karyawan en_US
dc.title Hubungan Motivasi Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Imdonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account