Abstract:
ABSTRAK
Nama Mahasiswa : Rina, NPM : 021100119. Dengan Judul Skripsi : "Hubungan
Motivasi Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Bank Negara
Imdonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor". Dibawah Bimbingan H. Rijadi. Drs.,
MM., Selaku Dosen Pembimbing dan Co. Pembimbing Nina Sri Indrawati. SE.
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor sebagai objek
penelitian beralamat di jalan Ir. H. Djuanda No. 52 Bogor mcrupakan perusahaan yang
bergerak dalam bidang jasa yaitu menghimpun dan penyaluran dari masyarakat dan untuk
masyarakat. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor untuk memberikan
pelayanan yang optimal mempunyai unit-unit pelayanan seperti ; Unit Warung Jambu,
Unit Baranang Siang, Unit Tajur, Unit Cibinong, Unit citereup, Unit Darmaga dan Unit
Pasar Merdeka. Dalam skripsi ini penulis mengadakan penelitian terhadap responden
karyawan PT. Bank Negara Indonesia.
Maksud dari penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi yang dapat
digunakan sebagai bahan dalam penyusunan skripsi. Sedangkan tujuan dari penelitian
j-ang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui motivasi karyawan dengan
kepuasan keija karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor.
Dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi karyawan dengan kepuasan
keija karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia.
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah ha! yang menyebabkan,
menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekcrja giat dan antusias
mencapai hasil yang optimal. Motivasi scmakin penting karena dengan pckerjaan yang
sedang dikeijakaimya manusia mcmbutuhkan dorongan atau motivasi kepada tujuan yang
di inginkan.
Demikian pula halnya dengan kepuasan keija karyawan salah satu Viktor dari
motivasi karyawan yang memberikan semangat pada karyawan untuk bekerja lebih giat
lagi dan loyalitas kepada perusahaan yang tinggi.
Dengan melihat perlunya motivasi pada setiap individu akan berdampak pada
kepuasan keija karyawan, sehingga kaitan antara keduanya sangat erat sekali. Penelitian
ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi karyawan dengan
kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor.
Untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi karyawan dengan kepuasan
kerja karyawan, maka dapat dihitung dengan menggunakan nilai koefisien korelasi
spearman diperoleh dengan mcnycbarkan kucsioner kepada 100 orang responden,
digunakan tingkat signifikansi (taraf nyata) sebesar 0,07. Data yang diperoleh dari
kuesioner dapat diukur korelasinya dengan menggunakan mctodc statistik non parametrik
(korelasi spearman), dimana tcr^pat dua variabel yaitu variabcl motivasi karyawan (X)
dan kepuasan kerja karyawan (Y).
Dari skor jawaban responden tentang motivasi karyawan dan kepuasan kerja
karyawan diperoleh dari hasil yang tinggi, hal ini mcnunjukan bah>va kepuasan kerja
karyawan setelah adanya moti\asi yang dilakukan oleh perusahaan sangat berpengaruh.
Hal tersebut dapat dilihat dan hasil pcrhitungan yang mcnunjukan antara lain :
berdasarkan pcngolahan data dan 100 orang responden dapat dikelahui bahwa 96%
memiliki motivasi yang sangat tin^i dan 4% memiliki imrtuasi yang biasa saja,
sedangkan apabila dilihat dari kepuasan kerja karyawan dari IO(t orang responden dapat
diketahui b^wa 95% memiliki kepuasan keija yang sangat baik dan 5% memiliki
kepuasan kerja yang sedang atau biasa saja, kcmudian data yang diperoleh dari hasil
perhitungan kuesioner yang telah diolah dan dihitung dengan menggunakan analisis
stalistik maka dipcroleh nilai rank spearman (rs) sebesar 0,581, hal ini berarti antara
moti\asi karj'awan dengan kepuasan kerja karj'awan mempunyai hubungan j'ang kuat
atau positif. Sedangkan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan juga menggambarkan
baliwa moti\'asi kan awan mempunyai hubungan yang positif terhadap kepuasan keija
kanawan. dimana nilai sebesar 5,81 sedangkan untuk nilai Z,^/ pada label
distnbusi normal tidak tercantum dan pasti nilai Z,^j lebih kecil dari nilai maka
dengan demikian kecratann>'a sangat signifikan. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa
ntlai > Z,^, artinya hipotesis nol (/?„) tersebut ditolak dan hipotesis altematif
(//J diterima. Hal tersebut berarti ada hubungan yang kuat aUu korelasi yang tinggi
antara motivasi karyawan dengan kepuasan keija karyawan pada PT. Bank Negara
Indonesia. Tbk. Cabang Bogor.
Sebagai akliir dari penelitian yang pcnulis lakukan, maka pcnulis dapat
memberikan kcsimpulan tentang motivasi kar>'a\van berkaitan erat dengan kepuasan ketja
kar\a\%an yang diharapkan dapat menambah lojalitas karyawan kcpada perusahaan dan
lebih giat lagi dalam mengerjakan perintah dari atasan. Motivasi yang telah dibcrikan
pKTusaliaan sangat menunjang bagi kepuasan kerja karyawaruiya schingga motivasi
karvawan dan kepuasan kerja kaiyawannya harus dipertaliankan dan Icbuh ditingkatkan
lagi.