FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Keterkaitan Promosi dan Pelayanan Terhadap Tingkat Hunian pada Hotel Cipta I Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.author Herawaty, Heny
dc.date.accessioned 2023-05-22T02:39:40Z
dc.date.available 2023-05-22T02:39:40Z
dc.date.issued 2004-04-03
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6058
dc.description.abstract ABSTRAKSI Hehy Herawaty, NPM. 021196015, "Keterkaitan Promosi dan Pelayanan Terhadap Tingkat Hunian pada Hotel Cipta I Jakarta", Dosen Pembimbing Ibu Inna Sri Supina AdI, SE., M.Si., dan Co. Pemblmbing Ibu Sri Pudjawati, Dra., MM., Pebruari, 2004. Pada saat ini Indonesia dilanda krisis kepercayaan dalam sektor usaha pariwisata, hal ini disebabkan banyak terorisme di Indonesia. Adapun Usaha pembangunan lain yang sedang diusahakan oleh pemerintah dan merebak hampir ke segala aspek, termasuk diantaranya adalah pembangunan sektor pariwisata. Dimana sektor pariwisata di Indonesia menjadi alternatif pembangunan ekonomi non migas, karena alam Indonesia dikenal memiliki keindahan alam yang begitu banyak. Keanekaragaman obyek wisata yang ada di Indonesia juga harus didukung oleh sarana penunjang wisata yang memadai, diantaranya adalah tingkat hunian atau perhotelan. Dimana keberadaan perhotelan tersebut sangat penting untuk turut serta berperan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah tujuan wisata. Salah satu unsur bauran pemasaran yang perlu direncanakan dan diperhatikan dengan baik oleh perusahaan untuk mendukung keberhasilan dalam memasarkan produk hotelnya adalah melakukan Promosi dan Pelayanan (jasa). Perusahaan dalam melakukan kegiatan promosi dengan menggunakan kombinasi bauran promosi yang ada seperti, periklanan, publisitas, personal selling, dan promosi penjualan. Pemilihan bauran promosi yang akan digunakan tergantung dari bentuk produk dan tingkat persaingan yang dihadapi oleh perusahaan. Untuk meningkatkan jumlah hunian kamar, perusahaan dapat menggunakan kegiatan promosi yang sesuai dengan anggaran biaya promosi, jenis produk atau jasa. serta tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan promosi tersebut. Sehingga kegiatan promosi yang dilakukan akan lebih efektif dalam menarik minat konsumen untuk menginap di hotel. Selain itu pula. pelayanan (jasa) juga dapat dijadikan alternatif yang cukup baik bagi perusahaan. Sehingga pelayanan (jasa) perlu meningkatkan lagi oleh perusahaan agar dapat menarik konsumen untuk menggunakan hotelnya. Dari pembahasan mengenai Keterkaitan Promosi dan Pelayanan Terhadap Tingkat Hunian pada Hotel Cipta I Jakarta yang beralamat di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 53 Jakarta 10350, diketahui bahwa perusahaan adalah salah satu hotel yang berada di daerah strategis dan dekat dengan pusat perbelanjaan, diskotek serta tempat hiburan lalnnya. Hotel in! dikelompokkan sebaga! Commercia! Hotel yang dllengkapi dengan fasilltas dan pelayanan bag! tamunya. Dari hasil analisis multlregresi, multlkorelasi dan uji hipotesis diketahui bahwa : Analisis antara keterkaitan promosi dan pelayanan terhadap tingkat hunian diketahui: persamaan regresi bergandanya Y = 23,483 + 1,175Xi + (-0,51 5)X2 ; bi= 1,175 berarti kenaikan biaya promosi (Xi) sebesar Rp 1.000.000 akan meningkatkan tingkat hunian kamar sebesar 1,175, sebaliknya jika Xa = 0 (biaya pelayanan), maka akan menghasilkan tingkat hunian perusahaan sebesar 24,658 orang; dan ba = -0,515 kenaikan biaya pelayanan (Xa) sebesar Rp 1.000.000 akan menurunkan tingkat hunian kamar, sebaliknya jika Xi = 0 (biaya promosi), maka akan menghasilkan tingkat hunian perusahaan sebesar 22,968 orang. Nilai a = 23,483 bahwa jika perusahaan tidak mengeluarkan biaya untuk kegiatan promosi (Xi = 0) maupun kegiatan pelayanan (Xa = 0) maka tingkat hunian yang dicapai perusahaan Hotel Cipta adalah tetap sebesar 23,483 orang. Koefisien korelasi r = 0,2877 menunjukkan nilai yang positif, berarti keterkaitan antara biaya promosi dan biaya pelayanan terhadap tingkat hunian mempunyai keterkaitan yang positif, ini berarti bahwa setiap terjadi peningkatan pelaksanaan biaya promosi dan biaya pelayanan akan diikuti oleh kenaikan tingkat hunian perhotelan. Begitu pula sebaliknya jika terjadi penurunan pelaksanaan biaya promosi dan biaya pelayanan maka akan diikuti penurunan tingkat hunian. Sedangkan nilai koefisien determinasi (CD) = 0,0828 berarti bahwa kontribusi pelaksanaan biaya promosi dan biaya pelayanan berpengaruh terhadap peningkatan tingkat hunian adalah sebesar 8,28%, sedangkan sisanya sebesar 91,72% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil uji hipotesis Ho ditolak dan menerima hipotesis Hi berarti ada keterkaitan antara pelaksanaan promosi dan pelayanan terhadap tingkat hunian. en_US
dc.description.sponsorship Inna Sri Supina Adi - Sri Pudjawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Keterkaitan Promosi en_US
dc.subject Terhadap Tingkat Hunian en_US
dc.title Keterkaitan Promosi dan Pelayanan Terhadap Tingkat Hunian pada Hotel Cipta I Jakarta en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account