Abstract:
ABSTRAKSI
Skripsl Ini berjudul "PERANAN E-COMMERCE SEBAGAI ALAT BANTU DALAM
MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PADA PT. YANMAR DIESEL
INDONESIA".
Disusun oleh Roy Kumiawan Achmad dengan NRP. 021198331. Pembimbing
dalam penyusunan skripsi ini adalah Bapak Poernomo, Drs.,MA dan Ibu Sri
HidajatI Ramdani, SE.,MM. Skripsi ini terdiri dari lima bab, yang masingmasing
bab terdiri dari beberapa sub bab.
PT. Yanmar Diesel Indonesia merupakan salah satu perusahaan joint
venture PMA (Penanaman Modal Asing) yang bergerak dalam bidang
pembuatan peralatan mesin diesel. PT. Yanmar berdiri pada tanggal 17
Maret 1972. Pada tahun 1999 PT. Yanmar Diesel Indonesia muiai
menerapkan e-ojmme/re pada perusahaan ini.
Metode Penelitian yang dilakukan adaiah dengan menggunakan metode
deskriptif dan metode korelasi, sedangkan tehnik pengumputan data
dilakukan dengan cara:
Primer (observasi dan wawancara)
Sekunder (lampirad, daftar pusaka dan melalui intemet)
Adapun tehnik anallsis data dilakukan dengan menggunakan tehnik analisis
statistika yaitu dengan rumus regresi korelasi.
E-Commerce adalah merupakan suatu konsep baru yag bisa
digambarkan sebagai proses jual beii barang atau jasa pada wotid wide web
internet.
Beberapa produk yang telah dihasiikan atau diproduksi oleh PT.
Yanmar Diesel Indonesia antara lain:
1. Stationery Diesel Engine (30 HP) model TS (H,C,R) sebanyak 7
model TF (H,R,L) sebanyak 23 model.
2. Medium Diesel Engine (31-500 HP).
3. Gasoline Engine (U/T 10 HP).
4. Electric Generator Capacity 2-3 8i 5 kw.
5. Engine Parts Manufacturing.
Dari hasil pembahasan yang dilakukan penulis diperoleh persamaan
regresi berganda linear Y=460.890 + 187 Xi - 185 X2. Hasil hitungan kedua
koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa peranan e-commerce sebagai
alat bantu dalam meningkatkan hasil penjualan