Abstract:
Skripsi ini disusun oleh Rahayu Noor Hidayati, dengan NPM : 021100024
dengan judul skripsi : "Strategi Diversifikasi Produk Dalam lisaha
Meningkatkan Volume Penjualan pada CV. Hikmah Shoes". Dibantu oleh
Dosen PembimbiDg Ihu Oktori Kiswati Zaini, SE. Dan Co. Pembimbing Ibu
Lesti Hartati, SE. Maret 2004.
Merebaknya usaha sepatu di Indonesia ditandai dengan semakin banyaknya
perusahaan-perusahaan sepatu balk yang lokal maupun yang dari luar iiegeri yang
menawarkan produk sepatu yang relatif sama, sehingga kondisi ini membuat
situasi persaingan dalam bidang usaha sepatu itu semakin ketat. Untuk mengatasi
persaingan tersebut, maka perusahaar. harus berani dan tidak takut bersaing
dengan cara menciptakan atau membuat produk-produk baru yang dapat menarik
minat masyarakat/konsumen.
Begitu juga dalam bidang usaha sepatu bayi, maka akan teijadi banyak hal
yang tidak diinginkan oleh perusahaan. Tindakan-tindakan yang perlu dilakukan
perusahaan yaitu dengan meningkatkan kualitas organisasi, baik kualitas
sumberdaya manusia, rasio kecukupan modal, pembenahan manajemen serta
membangun produk baru yang lebih baik untuk ditawarkan kepada konsumen dan
bertujuan untuk menandingi produk-produk dari perusahaan-perusahaan sepatu
yang lain.
Suatu produk akan mendapatkan tempat dihati konsumen dan dapat
dipercaya jika poduk yang dihasilkan mempunyai nilai lebih dibanding produk
sejenis yang ditawakan oleh perusahaan lain. Oleh karena itu produsen harus lebih
kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan menerapkan strategi pemasaran yang
sesuai dan efektif dengan situasi pemasaran yang mereka hadapi saat ini.
CV. Hikmah Shoes sebagai salah satu perusahaan sepatu bayi secara
kontinyu terns berusaha untuk menarik minat konsumen dengan cara
menghasilkan dan menawarkan beberapa produk kepada konsumen. Hal ini
mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi pemasarannya, salah satunya
dengan mengefektifkan kegiatan diversifikasi produk sehingga diharapkan dapat
meningkatkan volume penjualan perusahaan.
Dari pembahasan mengenai strategi diversifikasi produk dalam usaha
meningkatkan volume penjualan pada CV. Hikmah Shoes yang beralamat di Jl.
Ciomas Harapan Rt. 01/02 No. 52 Bogor, diketahui bahwa perusahaan bergerak
dalam bidang industri persepatuan, khususnya sepatu anak atau bayi dengan
memproduksi berbagai merk dan ukuran. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang
beragam kini CV. Hikmah Shoes tidak hanya memproduksi sepatu bayi tetapi
juga kaos kaki. Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan di dalam meningkatkan
volume penjualan adalah dengan cara melaksanakan strategi diversifikasi produk
melalui pengembangan produk yang sudah ada dan produk baru.
Dari hasil analisis regresi linier berganda, korelasi lim'er berganda, dan uji
hipotesis diketahui bahwa : Strategi Diversifikasi Produk Dalam Usaha
Meningkatkan Volume Penjualan diketahui persamaan regresi bergandanya; Y =
50,789 + 0,479Xi + 7,107X2 ; nilai a = 50,789; berarti bahwa jika perusahaan
tidak mengadakan pengembangan produk yang sudah ada maupun produk baru
maka volume penjualan yang dicapai perusahaan hanya sebesar Rp. 50,789 juta;
nilai b| = 0,479; berarti bahwa jika X2 (biaya produk baru) konstan maka kenaikan
11
Xi (biaya pengembaiigan produk yang sudah ada) sebesar Rp. 1.000.000 akan
meningkatkan penjualan sebesar Rp. 479.000 ; dan nilai b2 = 7,107 berarti bahwa
jika X] (biaya pengembangan produk yang sudah ada) konstan maka kenaikan X2
(biaya produk baru) sebesar Rp. 1.000.000 akan meningkatkan penjualan sebesar
Rp. 7,107 juta. Koefisien korelasi r = 0,9136 menimjukkan nilai yang mendekati
+1, berarti hubungan antara biaya pengembangan produk yang sudah ada dan
biaya produk baru tcrhadap peningkatan volume penjualan mempunyai hubungan
yang kuat positif, ini berarti bahwa setiap teijadi peningkatan biaya
pengembangan produk yang sudah ada dan biaya produk baru akan diikuti oleh
kenaikan volume penjualan. Sedangkan nilai koefisien penentu (KP) = 83,46%
berarti bahwa kontribusi biaya pengembangan produk yang sudah ada dan biaya
produk baru berpengaruh terhadap volume penjualan adalah sebesar 83,46%,
sedangkan sisanya sebesar 16,54% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil uji
hipotesis Ho ditolak dan menerima hipotesis Hi berarti ada hubungan antara biaya
pengembangan produk yang sudah ada dan biaya produk baru terhadap
peningkatan volume penjualan.
Ill