Abstract:
Dalam penelitian ini mengapa penulis lebih memllih RSUPN Dr. Cipto
Mangimkusumo (RSCM), karena RSCM merupakan rumah sakit yang besar yang
ada dijakarta dan sebagal rumah sakit rujukan nasional, yang tentunya banyak
permasalahan-permasahalan yang dapat dltellti didalamnya, walaupun kita
mengenal dari segi pelayanan RSCM sebagai rumah sakit percontohan yang ada
di Indonesia, tetapi banyak keluhan-keluhan yang ada di masyarakat terutama
masyarakat menengah kebawah yang mengeluhkan soal pelayanan yang kurang
maksimal yang terdapat di RSCM.
Desain penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah
metode kuantitatif dan dibutuhkan metode penelitian bersifat asosiatif kausal yaitu
imtuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pasien. Dan metode verifikatif digunakan untuk pembuktian uji
hyotesis. Adapun Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode survei, di mana proses pengumpulan data dilakukan peninjauan
secara langsung pada perusahaan berupa wawancara dan melalui kuesioner. Ada
dua teknik penyimpulan data yang penulis lakukan dalam melaksanakan
penelitian ini, yaitu observasi secara langsung dalam lingkungan Ruang Rawat
Inap Umt Gedung A-RSCM dan kuesioner yang dibagikan kepada pasien ataupun
keluarga pasien.
Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah secara umum tingkat kepuasan
Di RSUPN DR. Cipto mangkusumo Jakarta cukup baik,Penulis menjelaskan melalui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan menurut presepsi responden bernilai sebesar 100,03%. Adapun analisis hubungan Chi-Kuadrat menyimpulkan bahwa
kualitas pelayanan RSWN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta khususnya ruang
rawat map kelas 2 Umt Gedung A, memberikan pengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggannya, baik pada tingkat kineija maupun tingkat harapan. Pada
tmgkat kmeqa, diperoleh statistik Chi-Kuadrat sebesar 383,938 yang signifikan
pada taraf keyakinan 95%. Sedangkan pada tingkat harapan, diperoleh statistik
Chi-Kuadrat sebesar 312,468 yang signifikan pada taraf keyakinan 95%.