FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Brand Extension Megaswara dari Kategori Siaran Radio ke Kategori Siaran Televisi terhadap Loyalitas Merek pada PT Radio Citra Megaswara.

Show simple item record

dc.contributor.author Ramdani, Jiki
dc.date.accessioned 2022-01-28T04:33:53Z
dc.date.available 2022-01-28T04:33:53Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/521
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Extension produk Megaswara yang diperluas ke kategori siaran televisi terhadap Loyalitas merek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desktiftif survey dan explanatory survey. Dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu Brand extension dan loyalitas merek. Variabel Brand extension dengan indikator : Similiarity, Reputation, Perceived risk, dan Innovativeness dan variabel Loyalitas merek dengan indikator perceived product superiority, personal fortitude, bonding with the product or company, satisfaction. Semua indikator diukur dengan skala Ordinal Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling suatu metode pemilihan ukuran sampel dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk menjadi anggota sampel dengan memberikan pertanyaan kepada 100 orang pecinta Megaswara yang dianggap mewakili lalu disebarkan ke 10 wilayah yaitu Gunung Putri( 1 Oorang),Babakan( 1 Oorang),Semplak( 1 Oorang),Tajur( 1 Oorang),T anahBaru( 1 Oorang ),Ciawi(10orang),Cibinong(10orang),Cimahpar(10orang),Suka Raja(10 orang), Tanah Sareal(10 orang). alat pengukuran menggunakan skala likert dan di analisis menggunakan chi-square. Megaswara televisi merupakan stasiun televisi lokal pertama yang ada dikota Bogor, Megaswara televisi merupakan produk hasil perluasan dari kategori siaran radio ke kategori siaran televisi. Megaswara Fm merupakan parent brand dari Megaswara televisi. Pelaksanaan Brand Extension pada Radio Citra Megaswara sudah cukup baik, hal ini ditunjang oleh kualitas peralatan yang sesuai dengan spesifikasi peralatan yang telah mendekati bahkan menyamai sebuah televisi yang profesional, jangkauan siar Megaswara Televisi melingkupi 30 area yaitu Cibinong, Bojong Gede, Parung, Cimanggis, Parungdangdet, Citeureup, Gunung Putri, Semplak, Cileubut, Pasir Laja, Kebon Pedes, Kota Paris, Kampung Anyar, Babakan, Cikeas, Cikoneng, Simasari, Ciburial, Dramaga Pasar, Tajur, Ciawi, Gadog, Pakuan, Waning Borong, Cimanggu, Leuwiliang, Cisarua, Caringin dan Cigombong. Dari 100 responden yang diasumsikan sebagai para pecinta Megaswara televisi umumnya lebih memilih acara musik (56 responden), acara berita pada urutan kedua (32 responden), sedangkan acara siraman rohani pada posisi terakhir (12 responden). Artinya bahwa para pecinta Megaswara menyukai acara musik sebagai tontonan yang sering para pecinta tonton. Brand extension terhadap para pecinta Megaswara dengan kesimpulan bahwa para pecinta Megaswara merespon positif Brand extension Megaswara televisi. responden Megaswara televisi dalam penelitian ini sudah pemah menonton Megaswara televisi meskipun tidak secara kontinyu. bahwa responden Megaswara televisi merespon positif keberadaan Brand Extension Megaswara televisi. hal itu menunjukkan bahwa kesadaran akan televisi lokal cukup tinggi. Dan dapat dikatakan Brand extension Megaswara televisi sudah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan secara manual diperoleh X2hitung = 789,218 Sedangkan x2tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (100) adalah sebesar 124,342 Hasilnya x2hitung > x2tabel (789,218> 124,342), maka Ho IV ditolak, artinya Brand Extension Megaswara memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek, Dengan kesimpulan bahwa bila brand extension megaswara teievisi dikelola dengan baik maka akan memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek. Program siaran, waktu siaran, kualitas gambar perlu didiperhatikan dan dikelola dengan baik sehingga apa yang diharapkan oleh perusahaan seperti mendapat kue iklan serta mempertahankan para pecinta nya yang loyal dapat diwujudkan dengan baik. Kemudian dilakukan Perhitungan Chi-square untuk masing-masing variabel Brand Extension dan Loyalitas Merek Setelah dianalisis menggunakan chi-square Terdapat dua variabel yang dominan dari brand extension berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek yaitu Perceived Risk dan Innovativeness. Dengan chi square hitung 498,465 dan chi square tabel 18,307 , tolak Ho yang bermakna ada pengaruh terhadap loyalitas merek untuk innovativeness. chi square hitung 121,976 dan chi square tabel 11,070, tolak Ho yang bermakna ada pengaruh terhadap loyalitas merek untuk Perceived Risk. Dua variabel pembentuk brand extension yaitu similiarity dan reputation parent brand tidak berpengaruh secara langsung dalam pembentukan brand extension khususnya siaran TV Megaswara. Dengan chi square hitung 11,714 dan chi square tabel 18,307 ,terima Ho yang bermakna tidak ada pengarulmya terhadap pembentukan brand extension untuk similiarity. Dan chi-square hitung 13,712 dengan chi-square tabel 18,307 terima Ho yang bermakna tidak ada pengaruh terhadap pembentukan brand extension untuk reputation parent brand. Perceived risk adalah mengenai persepsi seseorang terhadap suatu produk ketika mereka menggunakan produk tersebut, dalam hal ini adalah menyaksikan siaran teievisi megaswara yang merupakan produk perluasan dari produk megaswara yaitu radio, para pecinta megaswara mempersepsikan bahwa siaran teievisi megaswara mampu memberikan solusi terbaik dalam menyajikan tayangan-tayangan yang bermuatan lokal. Sedangkan innovativeness adalah mengenai kepribadian para pecinta megaswara Kemudian dengan membandingkan C dan Cmaks, maka dapat diketahui keterkaitan yang paling erat antara innovativeness dengan loyalitas merek Dari hasil uji perbandingan C dan Cmaks diketahui bahwa variabel brand extension yang memiliki keterkaitan paling erat dengan loyalitas merek adalah innovativeness, dimana memiliki selisih C dan Cmaks, yang paling rendah yaitu hanya sebesar 0,031. en_US
dc.description.sponsorship Bukti Ginting - Sri Pudjiawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Brand Extension Megaswara en_US
dc.subject Loyalitas Merek en_US
dc.title Pengaruh Brand Extension Megaswara dari Kategori Siaran Radio ke Kategori Siaran Televisi terhadap Loyalitas Merek pada PT Radio Citra Megaswara. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account