FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Peranan Riset Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tancho Pomade PT. Tancho Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.author Kumala Dewi, Rita
dc.date.accessioned 2022-06-09T03:53:28Z
dc.date.available 2022-06-09T03:53:28Z
dc.date.issued 1998
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4970
dc.description.abstract Kemajuan luar biasa disektor telekomunikasi, transponasi dan pendidikan pada umumnya, telah menyebabkan dunia berintegrasi. Akibatnya terjadi proses konversensi secara luas dan terus menerus dalam pengertian dan pemahaman berbagai aspek kehidupan dan penghidupan, hal ini menyebabkan berubahnya keadaan ekonomi menjadi lebih berkembang. Peranan marketing sangat penting bagi produsen untuk menyelidiki berbagai keinginan konsumen. Disamping itu marketing dapat menyelidiki syarat-syarat apa yang harus dipunyai suatu barang agar dapat diterima oleh konsumen (misalnya kualitas, harga yang murah, dan sebagainya). Berkembangnya alat-alai elektronik seperti komputer membantu melakukan pengolahan data kuantitatif, dengan menggunakan metode-metode analisa kuantitatif (Method Of Quantitatif Analisis) untuk memecahkan persoalan-persoalan sosial ekonomi pada umumnya dan pemasaran pada khususnya. Keputusan-keputusan dalam bidang marketing yang biasanya didasarkan atas intuitively dengan keterangan atau data kuantitatif sudah susah dipertahankan mengingat makin luas dan kompleknya persoalan pemasaran. Pentingnya riset pemasaran karena beberapa faktor antara lain kemajuan teknologi secara psikologis mempengaruhi selera konsumen, tingkat pendapatan. tingkat pendidikan, sehingga konsumen lebih korektif dalam memilih produk dan keadaan pasar yang semakin kompetitif. Dengan diadakannya riset pemasaran maka pengambilan keputusan dari pelaksanaan aktivitas pemasaran akan dapat memperkecil persentase kesalahan-kesalahan yang akan berakibat fatal bagi kontiunitas perusahaan. Dengan pelaksanaan Riset Pemasaran, perusahaan dapat memperhatikan keadaan pasar yang majemuk dengan adanya arus informasi yang bersifat timbal balik antara produsen dan konsumen, sehingga apa yang diproduksi oleh perusahaan tidak bertolak belakang dengan keinginan konsumen, dengan demikian timbul respon dari konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan. Pelaksanaan Riset Pemasaran turut berpengaruh dalam menunjang usaha pemasaran, maka penulis tertarik untuk memilih judul skripsi dengan judul : "Peranan Riset Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tancho Pomade PT. Tancho Indonesia". Pelaksanaan riset turut berpengaruh dalam menunjang usaha pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Tancho Indonesia, maka penulis mengidentifikasikan sebagai berikut: 1. Bagaimana Riset Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan PT. Tancho Indonesia, di dalam usaha meningkatkan volume penjualan Tancho Pomade yang dihasilkannya. 2. Sejauhmana peranan Riset Pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan Tancho Pomade pada PT. Tancho Indonesia. PT. Tancho Indonesia berdiri di Jakarta pada tahun 1969 dengan akte pendirian No. 14 tanggal, 5 Nopember 1969, di Notaris Abdul Latief. yang mendapat pengesahan Menteri Kehakiman No. J.A. 5/150/18 tanggal 28 Nopember 1970. Pendiri PT. Tancho Indonesia adalah Bapak Sutan Ibrahim sebagai kuasa dari Tancho Kabushiki Kaisha (Tancho Co. Ltd.) yang berkedudukan di Osaka, Jepang, serta Bapak Uman Suryadi Sutan sebagai Direktur NV. The City Factory yang berkedudukan di Jakarta. PT. Tancho Indonesia adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang produksi kosmetika, wangi-wangian dan industri kemasan plastik. Selain itu perusahaan juga bergerak dalam bidang perdagangan barang-barang tersebut di atas. Kantor pusat PT. Tancho Indonesia pada saat ini terletak di JI. Yos Sudarso, By Pass, Jakarta Utara. Adapun kebijaksanaan jenis pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Tancho Indonesia adalah sebagai berikut: 1. Field Research Research yang dilakukan meliputi antara lain: 1. Harga 2. Mengamati Perilaku Konsumen 3. Audit Toko 4. Wawancara Personal 5.Mengamati perilaku pesaing 2. Laboratory Research (Riset Laboratorium) 1. Mutu 2. Pengembangan Produk Adapun cara yang digunakan oleh PT. Tancho Indonesia, dalam menambah kegunaan dari produk yang sudah ada sebelumnya (produk lama), adalah dengan cara: a. Pencarian pemakai baru. b. Menciptakan pemakaian baru. c. Memperluas pemakaian. 3. Riset dengan Menggunakan Perusahaan Jasa (Syndicated Services) Walaupun riset pemasaran (marketing research) telah berkembang dengan cepat, tetapi PT. Tancho Indonesia masih mempunyai masalah-masalah yang menghambat riset pemasaran, antara disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut: 1. Konsep sempit dari riset pemasaran 2. Hasil penelitian yang terlambat. 3. Hasil penelitian yang kadang-kadang salah 4. Team riset pemasaran yang tidak dapat bekerja sama dengan baik. 5. Perbedaan tingkat intelektualitas antara peneliti dengan pihak manajemen. Dalam pemasaran produk, riset pemasaran sangat mempengaruhi terhadap volume hasil penjualan. Untuk mengetahui apakah kebijaksanaan riset pemasaran yang dilakukan oleh PT. Tancho Indonesia benar mempengaruhi volume penjualan dan seberapa besar pengaruhnya, dapat dilihat dalam perhitungan sebagai berikut: Rumus persamaan regresi linier adalah sebagai berikut: Y = a + bX n(ZXY)-(IX).(ZY) nCIX-)-(IX)^ lY - bZX Maka; Y = 1506,8+ 8 X Untuk menghitung koefisien kolerasinya dilakukan perhitungan sebagai berikut: n (S XY) - (I X) . ( Z Y) Vn ( Z X ' ) - ( S X) ' . Vn ( 2 Y ^ ) - (Z Y) ' r = 0,99 Dari perhitungan yang dilakukan di atas ternyata diperoleh koefisien kolerasi sebesar r = 0,99 maka hubungan antara biaya riset pemasaran dengan peningkatan volume penjualan sangat kuat, karena r = 0,99 mendekati r = +1. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya riset pemasaran terhadap tingkat volume penjualan dapat diketahui dengan menggunakan koefisien determinasi (CD) CD = (r)^xl00% CD = 98% Koefisien determinasi sebesar 98% menunjukkan bahwa variabel X (biaya riset pemasaran) mempengaruhi variabel Y (volume penjualan) sebesar 98%, sedangkan sisanya sebesar 2% merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak dianalisis oleh penulis. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh biaya riset pemasaran terhadap tingkat hasil penjualan, maka perlu diadakan pengujian hipotesa. Dalam pengujian hipotesa mi digunakan distribusi t dan mempunyai derajat besar (db) n-2, sedangkan tingkat keyakinan sebesar 95%. Perumusan memperoleh tH; yaitu : tH = r I label = I label = t label = Vl - r lH= 28 t {n-2) 10,05 (8) 11,860 Gambar: Daerah Kritis untuk t = + 28 dengan taraf nyata (a) = 5% dan db «= 8 -28 -1.860 1,860 28 Karena : tH > t '/2 a (n - 2) 28 > 1,860 Maka disini Ho dan Hi diterima artinya ada hubungan antara saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Tancho Indonesia dalam periode 1988 sampai dengan 1997. Untuk mengetahui besarnya kontribusi dari biaya riset pemasaran terhadap naik turunnya volume penjualan adalah sebagai berikut; KD =? KD =0,9801 —► 98% Jadi pengaruh biaya riset terhadap naik turunnya volume penjualan tancho pomade adalah sebesar 98%. Sedangkan sisanya sebanyak 2% dari faktor pengaruh lain selain biaya riset en_US
dc.description.sponsorship Fazariah Mahruzar-Jaenudin en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Riset Pemasaran en_US
dc.subject Meningkatkan Volume Penjualan en_US
dc.title Peranan Riset Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tancho Pomade PT. Tancho Indonesia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account