Abstract:
Kemajuan luar biasa disektor telekomunikasi, transponasi dan pendidikan pada
umumnya, telah menyebabkan dunia berintegrasi. Akibatnya terjadi proses
konversensi secara luas dan terus menerus dalam pengertian dan pemahaman
berbagai aspek kehidupan dan penghidupan, hal ini menyebabkan berubahnya
keadaan ekonomi menjadi lebih berkembang. Peranan marketing sangat penting bagi
produsen untuk menyelidiki berbagai keinginan konsumen. Disamping itu marketing
dapat menyelidiki syarat-syarat apa yang harus dipunyai suatu barang agar dapat
diterima oleh konsumen (misalnya kualitas, harga yang murah, dan sebagainya).
Berkembangnya alat-alai elektronik seperti komputer membantu melakukan
pengolahan data kuantitatif, dengan menggunakan metode-metode analisa kuantitatif
(Method Of Quantitatif Analisis) untuk memecahkan persoalan-persoalan sosial
ekonomi pada umumnya dan pemasaran pada khususnya. Keputusan-keputusan
dalam bidang marketing yang biasanya didasarkan atas intuitively dengan keterangan
atau data kuantitatif sudah susah dipertahankan mengingat makin luas dan
kompleknya persoalan pemasaran.
Pentingnya riset pemasaran karena beberapa faktor antara lain kemajuan
teknologi secara psikologis mempengaruhi selera konsumen, tingkat pendapatan.
tingkat pendidikan, sehingga konsumen lebih korektif dalam memilih produk dan
keadaan pasar yang semakin kompetitif. Dengan diadakannya riset pemasaran maka
pengambilan keputusan dari pelaksanaan aktivitas pemasaran akan dapat
memperkecil persentase kesalahan-kesalahan yang akan berakibat fatal bagi
kontiunitas perusahaan.
Dengan pelaksanaan Riset Pemasaran, perusahaan dapat memperhatikan
keadaan pasar yang majemuk dengan adanya arus informasi yang bersifat timbal
balik antara produsen dan konsumen, sehingga apa yang diproduksi oleh perusahaan
tidak bertolak belakang dengan keinginan konsumen, dengan demikian timbul respon
dari konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.
Pelaksanaan Riset Pemasaran turut berpengaruh dalam menunjang usaha
pemasaran, maka penulis tertarik untuk memilih judul skripsi dengan judul :
"Peranan Riset Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada
Tancho Pomade PT. Tancho Indonesia".
Pelaksanaan riset turut berpengaruh dalam menunjang usaha pemasaran yang
dilaksanakan oleh PT. Tancho Indonesia, maka penulis mengidentifikasikan sebagai
berikut:
1. Bagaimana Riset Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan PT. Tancho
Indonesia, di dalam usaha meningkatkan volume penjualan Tancho Pomade yang
dihasilkannya.
2. Sejauhmana peranan Riset Pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan
Tancho Pomade pada PT. Tancho Indonesia.
PT. Tancho Indonesia berdiri di Jakarta pada tahun 1969 dengan akte pendirian
No. 14 tanggal, 5 Nopember 1969, di Notaris Abdul Latief. yang mendapat
pengesahan Menteri Kehakiman No. J.A. 5/150/18 tanggal 28 Nopember 1970.
Pendiri PT. Tancho Indonesia adalah Bapak Sutan Ibrahim sebagai kuasa dari Tancho
Kabushiki Kaisha (Tancho Co. Ltd.) yang berkedudukan di Osaka, Jepang, serta
Bapak Uman Suryadi Sutan sebagai Direktur NV. The City Factory yang
berkedudukan di Jakarta.
PT. Tancho Indonesia adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang
produksi kosmetika, wangi-wangian dan industri kemasan plastik. Selain itu
perusahaan juga bergerak dalam bidang perdagangan barang-barang tersebut di atas.
Kantor pusat PT. Tancho Indonesia pada saat ini terletak di JI. Yos Sudarso, By Pass,
Jakarta Utara.
Adapun kebijaksanaan jenis pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Tancho
Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Field Research
Research yang dilakukan meliputi antara lain:
1. Harga
2. Mengamati Perilaku Konsumen
3. Audit Toko
4. Wawancara Personal
5.Mengamati perilaku pesaing
2. Laboratory Research (Riset Laboratorium)
1. Mutu
2. Pengembangan Produk
Adapun cara yang digunakan oleh PT. Tancho Indonesia, dalam
menambah kegunaan dari produk yang sudah ada sebelumnya (produk
lama), adalah dengan cara:
a. Pencarian pemakai baru.
b. Menciptakan pemakaian baru.
c. Memperluas pemakaian.
3. Riset dengan Menggunakan Perusahaan Jasa (Syndicated Services)
Walaupun riset pemasaran (marketing research) telah berkembang dengan
cepat, tetapi PT. Tancho Indonesia masih mempunyai masalah-masalah yang
menghambat riset pemasaran, antara disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Konsep sempit dari riset pemasaran
2. Hasil penelitian yang terlambat.
3. Hasil penelitian yang kadang-kadang salah
4. Team riset pemasaran yang tidak dapat bekerja sama dengan baik.
5. Perbedaan tingkat intelektualitas antara peneliti dengan pihak manajemen.
Dalam pemasaran produk, riset pemasaran sangat mempengaruhi terhadap
volume hasil penjualan. Untuk mengetahui apakah kebijaksanaan riset pemasaran
yang dilakukan oleh PT. Tancho Indonesia benar mempengaruhi volume penjualan
dan seberapa besar pengaruhnya, dapat dilihat dalam perhitungan sebagai berikut:
Rumus persamaan regresi linier adalah sebagai berikut:
Y = a + bX
n(ZXY)-(IX).(ZY)
nCIX-)-(IX)^
lY - bZX
Maka;
Y = 1506,8+ 8 X
Untuk menghitung koefisien kolerasinya dilakukan perhitungan sebagai
berikut:
n (S XY) - (I X) . ( Z Y)
Vn ( Z X ' ) - ( S X) ' . Vn ( 2 Y ^ ) - (Z Y) '
r = 0,99
Dari perhitungan yang dilakukan di atas ternyata diperoleh koefisien kolerasi
sebesar r = 0,99 maka hubungan antara biaya riset pemasaran dengan peningkatan
volume penjualan sangat kuat, karena r = 0,99 mendekati r = +1.
Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya riset pemasaran
terhadap tingkat volume penjualan dapat diketahui dengan menggunakan koefisien
determinasi (CD)
CD = (r)^xl00%
CD = 98%
Koefisien determinasi sebesar 98% menunjukkan bahwa variabel X (biaya riset
pemasaran) mempengaruhi variabel Y (volume penjualan) sebesar 98%, sedangkan
sisanya sebesar 2% merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak dianalisis
oleh penulis.
Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh biaya riset pemasaran terhadap
tingkat hasil penjualan, maka perlu diadakan pengujian hipotesa. Dalam pengujian
hipotesa mi digunakan distribusi t dan mempunyai derajat besar (db) n-2, sedangkan
tingkat keyakinan sebesar 95%. Perumusan memperoleh tH; yaitu :
tH = r
I label =
I label =
t label =
Vl - r
lH= 28
t {n-2)
10,05 (8)
11,860
Gambar: Daerah Kritis untuk t = + 28 dengan taraf nyata (a) = 5% dan db «= 8
-28 -1.860 1,860 28
Karena : tH > t '/2 a (n - 2)
28 > 1,860
Maka disini Ho dan Hi diterima artinya ada hubungan antara saluran distribusi
terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Tancho Indonesia dalam periode
1988 sampai dengan 1997.
Untuk mengetahui besarnya kontribusi dari biaya riset pemasaran terhadap naik
turunnya volume penjualan adalah sebagai berikut;
KD =?
KD =0,9801 —► 98%
Jadi pengaruh biaya riset terhadap naik turunnya volume penjualan tancho
pomade adalah sebesar 98%. Sedangkan sisanya sebanyak 2% dari faktor pengaruh
lain selain biaya riset