Abstract:
PT Krakatau Steel (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang bergerak
dibidang manufaktur besi dan baja. Sebagai perusahaan manufaktur aktivitas
penjualan merupakan unsur yang memegang peranan penting bagi perusahaan
karena aktivitias tersebut akan menentukan bagi perusahaan dalam macapai
tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba untuk menjaga kelangsungan hidup
perusahaan. Sehingga, manajemen perlu pengendalian internal yang baik terhadap
aktivitas penjualan agar pelaksanaan tersebut dilakukan secara efektif dan efisien
serta tercapainya tujuan perusahaan. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul Peranan Pengendalian Intemal Penjualan dalam
Menunjang Efekvitas Penjualan Batang Kawat pada PT Krakatau Steel Persero,
Tbk.
Permasalahan yang teqadi di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, yakni tingkat
efektivitas penjualan batang kawat tidak mencapai target dari tahun 2010 sampai
dengan tahun 2013. Penyebab tidak tercapainya target penjualan batang kawat
adalah lemahnya pengendalian internal dalam hal mengelola risiko bahan baku
impor yang akan berdampak terhadap harga jual sehingga harga tidak
berkompetitif dengan harga pesaing.
Untuk kepentingan pembahasan tersebut, maka penuhs membuat
operasionalisasi variabel dengan indikator imtuk variabel independen
(Pengendalian Intemal Penjualan) dengan Indikator, Lingkungan Pengendalian,
Aktivitas Pengendahan, Penaksiran Risiko, Informasi dan Komunikasi dan
Pemantauan. Sedangkan variabel dependen (Tingkat Efektivitas Penjualan batang
kawat) dengan indikator, Pencapaian Target Penjualan.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam makalah skripsi ini dengan
deskriptif kualitatif dan kuantitatif (non statistik). Untuk memperoleh data dan
informasi yang diperlukan maka penulis melakukan penelitian dengan cara studi
kasus pada PT Krakatau Steel Persero Tbk.