FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Perilaku Konsumen Air Mineral Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Aqua Golden Misissippi Tbk Unit Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Sri
dc.date.accessioned 2022-01-26T06:39:26Z
dc.date.available 2022-01-26T06:39:26Z
dc.date.issued 2006
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/456
dc.description.abstract Krisis ekonomi yang tegadi beberapa tahun lalu membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menurmi, terbukti dengan s^ing tegadinya inflasi dari tahun ke tahun yang tidak dibarengi oleh peningkatan pendapatan masyarakat, ditambah lagi dengan keadaan politik, sosial, keamanan dan hukum di negara kita yang tidak menentu, jadi jelas, keadaan ekonomi yang menurun sangat mempengaruhi dunia bisnis di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami pembahan ini, tidak lepas dari bisnis air mineral dalam kemasan (AMDK) yang mempakan salah satu bisnis besar dunia perekonomian di setiap negara. Untuk keberhasilan perusahaan, semua kegiatan pemasaran yang dilakukan hams diarahkan untuk membeiikan kepuasan bagi konsumen, untuk itu penelitian terhadap perilaku konsumen sangat penting untuk dilakukan, agar dapat menjawab berbagai pesan pemasaran dan memahami dan memrauhi berbagai kebutuhan konsumoi. Didalam bisnis ini persaingannya sangat ketat dimana banyak perusahaan yang menghasilkan minuman air mineral dengan kualitas yang tidak kalah bagus, hal tersebut mengakibatkan perusahaan hams selalu dapat mengenali peluang-peluang bagi p»kembangan perusahaannya, termasuk menceimati, memahami, dm mengenali berbagai kebutuhan konsumen. Saingan Aqua yang terberat dalam hal perebutan pangsa pasar di Indonesia adalah merek 2 Tang, selebihnya dikuasai oleh merek-merek lainnya seperti Ades dan Prima Perolehan pangsa pasar yang tidak sama tersebut mengakibatkan adanya persaingan yang sangat ketat untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar dan luas, salah satu cara yang haras dilakukan yaitu dengan melakukan serta menerapkan sirategi-strategi bersaing dalam perusahaan. Analisis perilaku konsumen yang dilakaukan dalam rangka meningkatkan volume penjualan pada PT. Aqua Golden Misissippi Tbk unit Bogor, diharapkan d^at memberikan masukan bagi perusahaan dalam memenuhi keinginan konsumen, serta dapat memberikan suatu kepuasan yang lebih besar bagi konsumen, dan perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan dari sebelunmya serta keuntungan yang lebih besar. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan dua analisis yaitu Kuadran dan Chi Square, berdasarkan hasil analisis Kuadran menunjukkan bahwa dari keempat variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen menyatakan pada kuadaran A, yang berada pada kuadran ini adalah indikator 7,3,5,10. Yang berada pada kuadran B adalah indikator 2,4,11, sedangkan yang boada pada kuadran C adalah indikator 1 dan 6, dan yang berada pada kuadran D adalah indikator 6 dan 8, dan dapat disumpulkan bahwa dari ke sebelas indi^or yang mempengaruhi perilaku konsumen air mineral dari masing-masing variabel berdasarkan hasil penelitian 100 orang adalah sebagai berikut: 1. Aroma, rasa dan wama yang khas dan jernih, yang berasal dari mata air gunung salak yang diproses melalui penyaringan Hidro Pro System (penyaringan dua kali), sehingga aman dan berkualitas tinggi imtuk dikonsumsi. (Cukup baik). 2. Logo serta kemasan (Kotak dus, botol dan gallon) yang dibuat menarik dan higienis sehingga menarik minat beli konsumen. (Baik). 3. Dijamin Keaslian Rasanya. (Cukup baik). 4. Jaminan Mutu yang diberikan pada Air Mineral Aqua. (Baik). 5. Air Mineral Aqua Tidak Mudah Berubah Wama dan Rasa. (Cukup baik). 6. Isi, kemasan (Kotak dus, botol, dan gallon) Berbagai ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera anda. (Baik). 7. Harga yang sesuai dengan strandar mutu yang diberikan. (Baik). 8. Tersedia dimana saja dan mudah didapat. (Baik) 9. Kecepatan dalam penyaluran produk apabila telah habis persediaan. (Cukup baik). 10. Sikap simpatik perusahaan bila konsumen menyampaikan keluhan atau masaiah. (Cukup baik). 11. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka meningkatkan citra perusahaan dimata anda sebagai konsumen, misalnya menjadi sponsor dalam acara liiburan, olahraga budaya maupun promosi-promosi. (Baik). Berdasarkan basil analisis cU-square pada vaiiabel keyakinan membeli (tanggapan konsumen sebelum membeli produk) dan variabel evaluasi (tanggapan konsumen setelah membeli produk) pada air mineral Aqua diperoleh nilai hitung sebesar 68,53 dengan derajat bebas (df) sebesar 24 dan nilai label pada taraf a = 0,05 yaitu sebesar 36,415, artinya X^ hitung lebih besar dari X^ label sehingga dengan hasil ini berarli Ho ditolak, artinya bahwa ada hubungan antara perilaku konsumen air mineral Aqua berdasaikan variabel keyakinan membeli (tanggapan konsumen sebelum membeli produk) dan variabel evaluasi (tanggapan konsumen setelah membeli produk). Berdasarkan basil analisis chi-square tingkat kinerja pada variabel keyakinan normative (pengaruh orang lain terhadap konsumen sebelum membeli produk) dan variabel motivasi (motivasi pembelian alas pengarub orang lain setelah membeli produk) pada air mineral Aqua diperoleh nilai X^ hitung sebesar 21,005 dengan derajat bebas (df) sebesar 12 dan nilai X^ label pada taraf a = 0,05 yaitu sebesar 21,026, artinya X^ hitung lebih besar dari X^ label sehingga dengan hasil ini berarti Hq ditolak, artinya bahwa ada hubungan antara perilaku konsumen terhadap variabel keyakinan normative (pengaruh orang lain terhadap konsumen sebelum membeli produk) dan variabel motivasi (motivasi pembelian alas pengaruh orang lain setelah membeli produk), sedangkan hasil analisis Chi Square terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap volume penjualan berdasarkan indikator-indikatomya menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara perilaku konsumen terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan yang didapat dari hasil akhir perhitungan antara kinerja dan harapan. en_US
dc.description.sponsorship Bukti Ginting - Yetti Husnul H en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Analisis Perilaku, Volume Penjualan en_US
dc.title Analisis Perilaku Konsumen Air Mineral Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Aqua Golden Misissippi Tbk Unit Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account