Abstract:
Perusahaan Venus Bakery merupakan perusahaan perorangan sehingga semua
jabatan dipegang oleh keluarga sendiri, serta manajemen perusahaan pun diatur oleh
keluarga. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dengan surat keterangan P - IRT
169100394 atas nama Ibu Herlianty dan Bapak Hendra dengan nama perusahaan Venus
Bakery" yang berlokasi di Jl. Pajajaran Komp. V Point No. 1 Kota Bogor. Perusahaan ini
bergerak daiam bidang makanan dimana kegiatannya membuat aneka macam roti. Dalam
menjalankan kegiatannya perusahaan venus bakery memiliki beberapa cabang untuk
membantu melakukan penjualan. Namun dalam hal penjualan produk terdapat masalah
dalam menentukan harga pada setiap cabangnya, sehingga penjualannya belum optimal
Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada Perusahaan Venus Bakeiy Bogor
adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan diskriminasi harga pada perusahaan
Venus Bakery dalam meningkatkan penjualan. Dan untuk mengetahui strategi penetapan
harga diskriminasi dalam menigkatkan hasil penjualan.
Metode penelitian ini meliputi desain penelitian dan operasional variable, adapun
desain penelitian yang dilakukan penulis adalah verifikatif dengan menggunakan metode
berupa explanatory survey. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah statistik
inferensial. Metode yang digunakan penulis adalah trend sederhana rata-rat.
Dalam 6 semester penjualan setiap cabang, dimana terilihat dari hasil penjualan
pada cabang Terminal Tas yang menggunakan harga diskriminasi dengan perhitungan
trend sederhana rata-rata didapatkan fungsinya yaitu HP = 46.572.000 + 1.532.500t, dan
cabang Outlet B'Bos fungsi trend sederhana rat-rata didapatkan fungsinya yaitu HP =
57.596.333 + 833.111,2, berbeda dengan cabang Ada Swalayan yang tanpa menggunakan
harga diskriminasi penjualannya lebih sedikit yaitu fungsinya HP = 53.523.333 +
9.277,8t, terlihat perbedaan penjualan setiap cabang dimana cabang yang menggunakan
harga diskriminasi dan tanpa harga diskriminasi. Dalam perhitungan menggunakan harga
diskriminasi dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.