Abstract:
Perkembangan bisnis Penjualan mobil di Indonesia belakang^ ini
seniakin lama semakin menonjol dan kompiek terhadap persaingan PerubaMn,
dan ketidakpastian. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang tajam antara
perusahaan, baik karena pesaing yang semakin bertambah, volume ^ ^
semakin meningkat, maupun bertambah pesatnya perkembangan teknologi. Ha
ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan Imgkungan yang dapat
mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi Pe^asara^^
seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan^ Se ain itu,
teidapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat PI.
Nissan Paiajaran Bogor harus lebih terbuka terhadap kebutuhan dan keingman
konsumen. Namun strategi pemasaran yang diharapkan belum ^ercapai, sehingga
penjualan mobil setiap bulannya belum stabil, karena terdapat kenaikan dan
penurunan penjualan mobil di tiap taunnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Mtor internal
terhadap perusahaan PT. Nissan Pajajaran Bogor. Untuk mengetahui pengamh
fakior ekstemal terhadap perusahaan PT. Nissan
mengetahui apakah analisis SWOT dapat menjadi penentu strategi pemasaran
nada PT. Nissan Pajajaran Bogor.
lenis penelitian yang digunakan Jenis penelitian dalam .skripsi im lalah
menggunakan penelitian deskriptif {develovmenl) Adalah metode yang
menafsirkan, menganalisis dan menguraikan data dan informasi secara jelas yang
berhubungan dengan masalah yang di teliti, atau, metode Penelitian yang
menggambarkan apa yang dilakukan perusahaan berdasai-kan
ada, hasilnya kemudian dinalisis dengan metode analisis SWOT dengan
menggambarkan matrix SWOT.
Hasil Penelitian lingkungan internal dan lingkungan eksternal
analisis diperoleh nilai bobot kekuatan {Strengths) sebesar 3,174 kelemahan
{Weaknesses) sebesar 2,759, peluang {Opportunities) sebesar 2,991 dan ancaman
{'Deaths) sebesar 2,953. menunjukan bawha PT. Nissan Pajajar^ Bogoi bera
di posisi Agresif Growth yang atrinya berada diposisi yang sangat
menguntungkan.