Abstract:
Perusahaan merupakan suatu organisasi produksi yang menggunakan dan
mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan. Dalam suatu perusahaan memungkinkan dilakukannya aktifitas
produksi, yaitu semua usaha yang ditujukan untuk menciptakan atau menambah faedah
(utility). Ketatnya persaingan antara pelaku bisnis, mengharuskan adanya strategi yang
baik untuk dapat memenangkan persaingan pasar. maka PT. Artelindo Mustika Jaya
hams selalu siap dalam menghadapi segala situasi yang berubah dan berkembang dipasar
sehingga PT. Artelindo Mustika Jaya akan tetap mampu untuk bertahan dan dapat
bersaing didalam pasar yang semakin ketat persaingannya dalam harga, dalam hal
kualitas, pelayanan dan pengiriman.
Adapun gap dari PT. Artelindo Mustika Jaya ini yaitu keterlambatan dalam
pengiriman bahan baku, selain itu penjualan yang naik tumn karena dipengamhi oleh
harga dan kualitas, desain yang baik, bahan baku yang berkualitas baik dan terjamin
mutunya, karena hal itu dapat menghambat dalam menentukan strategi pemasaran. Oleh
karena itu, peranan faktor internal dan faktor eksternal sangat penting dalam menentukan
strategi pemasaran.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan pada PT. Artelindo Mustika Jaya adalah
Untuk mengetahui faktor internal apa saja pada PT.Artelindo Mustika Jaya, untuk
mengetahui faktor eksternal apa saja pada PT.Artelindo Mustika Jaya, untuk mengetahui
faktor internal dan faktor eksternal dalam upaya menetapkan strategi pemasaran pada
PT. Artelindo Mustika Jaya,dengan menggunakan metode SWOT.
PT. Artelindo Mustika Jaya mempakan sebuah perusahaan yang bergerak
dibidang Tepung Industri Lem Kayu yang beralamat di JI.Gusana No. 33, Jatisari-
Jatiasih,Bek^i 17426. Dengan hasil produksi Mempakan Tepung Industri sebagai bahan
baku di pemsahaan-pemsahaan tertentu dengan tepung industri tersebut bisa di kelola
menjadi Lem kayu. Tepung Industri di pasarkan melalui konsumen.
Jenis penelitian yaitu deskriptif eksploratif, yaitu penuHs ingin menggali lebih
jauh tentang pembahasan dengan mencoba menggambarkan penerapan tentang analisis
dalam membuat strategi pemsahaan dan agar pembahasan tidak melebar maka metode
penelitian study kasus yaitu suatu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan
faktor intemal dan eksternal dalam menentukan strategi pemasaran PT.Artelindo
Mustika Jaya, sehingga dari analisis kedua faktor tersebut akan memudahkan pemsahaan
dalam menentukan strategi produk yang sesuai dengan kondisi faktor lingkungan
tersebut, yaitu dengan menggunakan teknik pengisian kuesioner dari hasil penelitian
responden dengan menggunakan Matrik EFAS & IFAS. Dan hasil tersebut menunjukan
pemsahaan perlu mengambil strategi divestasi secara spesifik capital company
pemsahaan perlu mengalihkan bisnisnya dari bisnis saat ini.