Abstract:
PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor yang berlokasi di Jalan Raya
Pajajaran No. 99 merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi
tugas untuk mengelola Program dana pensiun, yang bergerak sebagai
penyelenggara pemberian jaminan sosial bagi tenaga kerja. Jaminan sosial tenaga
kerja tersebut berupa asuransi sosial termasuk asuransi dana pensiun pegawai
BUMN/BUMD.
Permasalahan yang menjadi bahasan utama dalam skripsi ini adalah (a)
bagaimana penilaian risiko pada PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor, (b)
efektivitas prosedur pembayaran klaim dana pensiun, dan (c) peranan penilaian
risiko dalam meningkatkan efektivitas prosedur pembayaran klaim dana pensiun.
Dalam menilai prosedur pembayaran tersebut, penulis menjadikan penilaian
risiko yang terdapat dalam sistem pengendalian intern sebagai alat ukur apakah
prosedur pembayaran klaim pada PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor sudah
efektif atau belum, dengan unsur risiko pelayanan sebagai dasar pengukuran
efektivitas pembayaran klaim dana pensiun.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif
eksploratif dengan metode penelitian studi kasus dan teknik penelitian analisis
kuantitatif. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan, maka penulis
melakukan penelitian pada PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor dengan cara
melakukan wawancara dan mengambil data berupa prosedur pembayaran dana
pensiun serta standar operasional prosedur.
Berdasarkan basil penelitian, penulis mengetahui bahwa: (1) Pelaksanaan
penilaian risiko pada PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor belum dijalankan. (2)
Prosedur Pembayaran Klaim Dana Pensiun pada PT TASPEN (Persero) Cabang
Bogor belum efektif. (3) Penilaian risiko dapat meningkatkan efektivitas prosedur
pembayaran klaim dana pensiun pada PT TASPEN (Persero) Cabang Bogor.