Abstract:
Setiap perusahaan industri hams mampu menawarkan produk yang mutunya
dapat bersaing serta harga yang sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen.
Kegiatan perusahaan industri meliputi dari memproduksi barang yang akan dijual
dan diharapkan memberikan pendapatan bagi perusahaan. Dalam penentuan
pengambilan keputusan, manajer mempunyai fungsi utama sebagai pengambil
keputusan. Salah satu keputusan yang harus diambil manajer yakni keputusan
mengenai Pesanan Khusus. Didalam pemsahaan informasi mengenai biaya sangat
diperlukan, karena tidak semua informasi biaya yang akan dimasukkan ke dalam
perhitungan biaya, hanya biaya-biaya berhubungan saja yang dapat disajikan
terhadap penentuan pengambilan keputusan pesanan khusus.
Adapun identifikasi masalah yang penulis angkat adalah:
1. Bagaimana penerapan metode direct costing pada PT Indahcup Sukses
Makmur?
2. Bagaimana pengambilan keputusan yang dilakukan oleh PT Indahcup
Sukses Malmur dalam menerima atau menolak pesanan khusus guna
menlngkatkan kinerja?
3. Sejauhmana peranan metode direct costing sebagai alat bantu
manajemen dalam penentuan pengambilan keputusan menerima atau
menolak pesanan khusus guna menlngkatkan kinega pada PT Indahcup
Sukses Makmur?
Metode direct costing atau sering disebut dengan metode variable costing
mempakan metode penentuan harga pokok yang hanya membebankan biaya-biaya
produksi variabel saja ke dalam harga pokok produk. Penggunaan metode direct
costing dipakai sebagai alat bantu manajemen dalam rangka menentukan harga
jual minimal atas pesanan-pesanan khusus, yang mungkin akan diterima oleh
perusahaan dalam jangka pendek agar perusahaan tidak menderita kerugian dari
pesanan khusus tersebut. Seperti pada tahun 2008, perusahaan mendapatkan
2(dua) pesanan khusus, tentunya perusahaan harus mempertimbangkan dan
memperhitun^can dari tawaran tersebut apakah akan diterima atau ditolak oleh
perusahaan.
Penelitian dilakukan pada PT Indahcup Sukses Makmur, yang berlokasi di
Jl. Raya Cileungsi km. 7,S Desa Klapanunggal Cileungsi Bogor, merupakan
perusahaan industri yang bergerak dibidang tekstil atau garment Adapun produk
yang dihasilkannya yaitu seperti kaos, kemeja, celana, jaket, cardigan/sweater,
danrok.
Dalam penelitian, penulis mengambil data primer melalui wawancara dan
observasi langsung di PT Indahcup Sukses Makmur, sedangkan data sekunder
dalam penelitian kepustakaan penulis mengumpulkan dari berbagai macam
literature yang berkaitan dengan penelitian serta masalah yang diteliti oleh
penulis.