Abstract:
PT Capsugel Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
pembuatan cangkang kapsul. Perusahaan ini berlokasi di Jalan Raya Jakarta-Bogor
Km. 42 Cibinong, Bogor. Permasalahan yang terjadi adalah belum tercapainya
efektivitas penjualan karena tidak tercapainya target penjualan dan quality objective
(sasaran mutu).
Internal audit membantu perusahaan dalam menilai kelayakan dan keefektifan
pengendalian intern. Penjualan merupakan salah satu kegiatan perusahaan yang paling
penting karena dapat menghasilkan diran pendapatan yang digunakan untuk menutupi
biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya
pengendalian intern yang memadai untuk mengurangi risiko tidak diterimanya
pendapatan dari penjualan secara utuh dan tepat waktu. Pelaksanaan audit atas penjualan
dapat menekan atau memperkecil kemungkinan terjadinya berbagai kecurangan maupun
kesalahan di Bagian Penjualan. Dengan demikian internal audit berperan dalam
pencapaian efektivitas penjualan.
Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pelaksanaan
internal audit atas pengendalian intern yang diterapkan PT Capsugel Indonesia,
mengetahui efektivitas penjualan yang dicapai pada PT Capsugel Indonesia, serta
mengetahui peranan pengendalian intern sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang
efektivitas penjualan pada PT Capsugel Indonesia.
Pelakasanaan internal audit meliputi tahapan audit intern, sebagai berikut:
perencanaan audit, pelaksanaan audit, penyampaian basil audit dan rekomendasi, serta
tindak lanjut hasil audit. Internal audit memastikan bahwa pengendalian intern di
PT Capsugel Indonesia telah memadai dengan menilai kelayakan dan keefektifan
pengendalian intern yang telah ada dan memastikan bahwa setiap prosedur (SOP)
penjualan telah dilaksanakan Bagian Penjualan. Pengendalian intern atas penjualan pada
PT Capsugel Indonesia terdiri prosedur penjualan, dokumen dan catatan penjualan, serta
pengendalian intern atas risiko penjualan. Metode penilaian risiko yang digunakan di
PT Capsugel Indonesia, yaitu metode Objectives. Risks, Controls, and Action Plan
(ORCA).
Pencapaian efektivitas penjualan dapat dilihat dari perbandingan target penjualan
dengan realisasi serta kepuasan konsumen/pelanggan. Kepuasan konsumen/pelanggan
dinilai dari pencapaian sasaran mutu. Selama ini PT Capsugel Indonesia selalu
menggunakan sasaran mutu untuk menilai efektivitas penjualan. Pada setiap akhir periode
akuntansi, seluruh departemen di PT Capsugel Indonesia diwajibkan melaporkan sasaran
mutu yang telah dicapai, termasuk departemen penjualan.
Internal audit memastikan bahwa pengendalian intern di Bagian Penjualan telah
memadai dan dapat mengurangi/ meminimalkan risiko penjualan. Dengan adanya
pelaksanaan audit di Bagian Penjualan diharapkan membantu menunjang efektivitas
penjualan dan mengoreksi kesalahan yang dilakukan setiap personil yang terlibat dalam
aktivitas penjualan. Internal audit memastikan bahwa seluruh prosedur penjualan telah
dilaksanakan. Jika internal audit menemukan adanya prosedur yang tidak dilaksanakan,
atau prosedur mengandung kelemahan, maka auditor memberikan rekomendasi/saran
yang dilaporkan dalam laporan audit. Pelaksanaan