FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Penggunaan Analisa Rantai Markov Untuk Perencanaan Penjualan Produk Shampo Pada Jakarta Pasar Swalayan, Subang

Show simple item record

dc.contributor.author Sofiani, Santi
dc.date.accessioned 2022-02-15T06:50:44Z
dc.date.available 2022-02-15T06:50:44Z
dc.date.issued 1998
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2105
dc.description.abstract Perusahaan pada era globalisasi sekarang ini, tidak bergerak dalam persaingan bisnis yang jelas dan pasti, melainkan antar saingan yang terus berubah, teknologi dan turunnya kesetian pelanggan. Perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang mampu membaca kemungkinan produk dan merek apa yang laku di pasaran, hal tersebut dapat di analisa dengan menggunakan perencanaan penjualan, sedangkan model perhitungan yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan menggunakan rantai markov. Penulis mengadakan Penelitian di Jakarta Pasar Swalayan Subang, merupakan salah satu departemen dari PT, Sunan Ernison yang bergerak dalam bidang usaha eceran. Produk yang di analisa oleh penulis adalah berbagai merek produk shampo ukuran 100ml. Cara memperoleh data yang penulis butuhkan adalah dengan mengadakan pendekatan terhadap pihak perusahaan dan penulis mengadakan quesioner terhadap 75 konsumen Jakarta Pasar Swalayan. Hasil yang di peroleh penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut ; shampo merek pantene, biuti, flex, rejoice, dimension, sunslik, organik mengalami kenaikan pada volume penjualan di masa yang akan datang sehingga merek-merek itu mengalami penambahan volume penjualan. Sedangkan untuk merek emeron, feather, dan brisk, mengalami penurunan volume penjualan sehingga merek-merek tersebut untuk penjualan di masa yang akan datang dikurangi atau diadakan perbaikan produk. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah: merek-merek yang mengalami kenaikan penjualan untuk rencana penjualan di masa yang akan datang sebaiknya di adakan penambahan jumlah produk dan di pertahankan volume penjualannya. Sedangkan merek-merek yang mengalami penurunan penjualan, untuk rencana penjualan di masa yang akan datang diadakan perbaikan produk yaitu dengan cara penataan produk yang rapi dan menarik, produk-produk yang mempunyai kemasan lama di tukar dengan produk kemasan baru, diajukan kepada suplayer untuk mendiskon harga produk tersebut untuk di masukan pada daftar buletin hemat harga miring. en_US
dc.description.sponsorship Suyatno - Oktori K. Zaini en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Perencanaan Penjualan, Rantai Markov en_US
dc.title Penggunaan Analisa Rantai Markov Untuk Perencanaan Penjualan Produk Shampo Pada Jakarta Pasar Swalayan, Subang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account