FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Pengaruh Balas Jasa Tidak Langsung Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Unitex, Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Yulianingsih
dc.date.accessioned 2022-02-15T06:21:18Z
dc.date.available 2022-02-15T06:21:18Z
dc.date.issued 1998
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/2093
dc.description.abstract Setiap perusahaan selalu berusaha untuk mencapai kondisi yang prima agar dapat menjalankan kegiatannya dengan baik, sehingga dapat mempercepat pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu faktor penting untuk menciptakan kondisi perusahaan yang prima adalah adanya kondisi sumberdaya manusia yang menguntungkan bagi perusahaan, dalam hal ini adalah prestasi kerja yang tinggi dari para karyawan. Prestasi kerja yang tinggi dari para karyawan diharapkan dapat mendukung prestasi perusahaan yang tinggi pula. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi kerja yang tinggi dari para karyawan adalah adanya motivasi kerja yang tinggi, dan motivasi kerja yang tinggi dapat dicapai jika karyawan memiliki ketenangan dalam bekerja. Untuk menciptakan ketenangan dalam bekerja maka diperlukan balas jasa tidak langsung (benefits dan services) yang memadai bagi karyawan. Oleh karena itu balas jasa tidak langsung yang memadai bagi karyawan dapat merupakan alat untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Untuk menganalisa mengenai penelitian ini, penulis menyebarkan kuesioner kepada, 145 orang karyawan PT. Unitex yang dilakukan kepada bagian office, spinning, weaving, dyeing dan yarn dyed. Maksud dan tujuan penelitian, adalah : 1. Untuk mengetahui jenis-jenis balas jasa tidak langsung yang diberikan oleh PT. Unitex pada karyawannya. 2. Untuk mengetahui seberapa jauh tingkat motivasi kerja karyawan pada PT. Unitex. 3. Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh balas jasa tidak langsung terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Unitex. 4. Untuk memenuhi salah satu syarat dalam mencapai gelar sarjana lengkap pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Pakuan Bogor. Untuk memperoleh data yang akan diperlukan dalam penulisan ini, penulis menggunakan riset kepustakaan dan riset lapangan. Riset kepustakaan adalah pengumpulan data melalui perpustakaan, buku-buku literatur dan surat kabar yang ada hubungannya dengan penelitian. Riset lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan observasi yang dilakukan di lingkungan perusahaan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada karyawan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penulisan skripsi, Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling yaitu suatu metode yang memilih sebagian populasi untuk dijadikan responden. Penelitian ini menggunakan 2 buah variabel yaitu balas jasa tidak langsung (variabel X) dan motivasi kerja (variabel Y). Data yang diperoleh yaitu mengenai data tentang gambaran umum responden berdasarkan masa kerja, status perkawinan, usia dan pendidikan. Analisis yang penulis lakukan dari hasil penyebaran kuesioner adalah analisis deskriftif yaitu membahas mengenai jenis-jenis balas jasa tidak langsung yang diberikan perusahaan dan tingkat motivasi kerja karyawan PT. Unitex, serta analisis statistik yang membahas mengenai pengujlan hipotesis antara balas jasa tidak langsung terhadap motivasi kerja. PT. Unitex sebagai salah satu perusahaan yang berada di Indonesia menyediakan balas jasa tidak langsung bagi karyawannya. Adanya balas jasa tidak langsung ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan. Pada penelitian yang dilakukan penulis pada PT. Unitex, Bogor hampir semua balas jasa tidak langsung yang diberikan oleh perusahaan telah dapat dirasakan manfaatnya oleh para karyawan, sedangkan tingkat motivasi kerja karyawan PT. Unitex ,Bogor menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi. Pada pengujian hipotesis mengenai ada tidaknya hubungan antara balas jasa tidak langsung dan motivasi kerja karyawan dengan menggunakan rank spearman didapat hasil koefisen korelasi (rs) sebesar 0,845 yang berarti terdapat hubungan yang tinggi antara balas jasa tidak langsung dan motivasi kerja. Sementara itu dengan menggunakan koefisien determinasi didapat kesimpulan bahwa pengaruh balas jasa tidak langsung terhadap motivasi kerja adalah 71,40% sedangkan 28,60% motivasi kerja dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, Dengan pengujian signifikan didapat nilai t (hitung) sebesar 18,894 nilainya lebih besar dai nilai t (tabel) yaitu sebesar 1,960 (tingkat kepercayaan 95%), Hal ini menunjukan hubungan yang nyata antara balas jasa tidak langsung terhadap motivasi kerja yang berarti hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Hi diterima. Untuk mencapai sasaran yang diinginkan penulis memberikan saran agar jenis-jenis balas jasa tidak langsung yang telab memadai agar dipertahankan,bila perlu ditingkatkan agar tetap dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan motivasi kerja, dan perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi kerja karyawan selain balas jasa tidak langsung. en_US
dc.description.sponsorship Sumardi Sulaeman - Wonny Ahmad Ridwan en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Motivasi Kerja, Prestasi Kerja, Jasa en_US
dc.title Pengaruh Balas Jasa Tidak Langsung Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Unitex, Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account