Abstract:
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan ketatnya
persaingan dalam segala bidang, salah satunya adalah dibidang ekonomi khususnya pada
sektor industri. Penisahaan hams memperhatikan strategi pemasaran yang akan digunakan
untuk bersaing dengan pemsahaan lain agar dapat mempertahankan eksistensinya dan
mendapatkan laba seoptimal mungkin. Hal ini menggambarkan bahwa sangat pentingnya
strategi pemasaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lingkungan intemal pada
PT.Haekal Adeel Utama, untuk mengetahui faktor lingkungan ekstemal pada PT.Haekal
Adeel Utama dan untuk mengetahui faktor intemal dan faktor ekstemal dalam menentukan
strategi pemasaran agar meningkatkan penjualan pada PT.Haekal Adeel Utama.
Penelitian ini dilakukan pada PT.Haekal Adeel Utama Bogor, yang bergerak di bidang
kerangka atap baja ringan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksploratif dengan
menggunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menguraikan
data secara menyeluruh sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan. Sedangkan teknik
yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakw analisis SWOT. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis secara kualitatif dan kuntitatif.
Faktor lingkungan intemal pada PT.Haekal Adeel Utama dilakukan dengan
menggunakan kekuatan yang dimiliki dan meminimalisir kelemahan, dimana yang menjadi
kekuatan adalah kemampuan strategi pemasaran, kemampuan dalam memenuhi permintaan
pasar, kualitas bahan baku yang di pergunakan, raengembangkan penerapan teknologi bam
ke produk dan proses produksi, dan pengembangan inovasi produk. Adapun yang menjadi
kelemahan adalah strategi harga yang diterapkan, pemberian pen^argaan kepada sumber
daya manusia terfaadap kineija dan kualitas karyawan serta tunjangan, sistera keuangan dan
akuntansi, sistem pengendalian persediaan. F^or lingkungan ekstemal pada PT.Haekal
Adeel Utama dilakukan dengan memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman dimana yang
menjadi peluang pada faktor ekstemal adalah terselenggaranya even-even dan pameranpameran
perlengkapan bahan bangunan, masuknya teknologi bam, karakteristik masyarakat
(perilaku) dalam membeli/mengkonsumsi produk, aturan-aturan hukum pemerintah, dan
hubungan regulasi terhadap pemerintah (DISHUB). Adapim yang menjadi ancaman untuk
faktor ekstemal adalah faktor inflasi, faktor harga yang ditawarkan kepada masyarakat, dan
faktor kemudahan dalam mendapatkan bahan baku secara kontinu. Sedangkan strategi
pemasaran pada PT.Haeka Adeel Utama dianalisis dengan menggunakan mariks EFI/EFE
dan matriks SWOT. Dari basil analisis faktor intemal dan faktor ekstemal dapat diketahui
bahwa posisi pemsahaan berada dalam kuadran V. Dari hasil analisis SWOT PT.Haekal
Adeel Utama melakukan beberapa rancangan strategi yang dapat dipergunakan oleh
pemsahaan, yaitu, Strategi SO (Mengadakan harga promosi pada even dan pameranpameran
tertentu, Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk), Strategi WO
(Meningkatkan manajemen persediaan, Meningkatkan kendaraan operasional, Menambah
modal keqa dengan mengajak investor lain), Strategi ST (Meningkatkan modal keija
dengan mengajak investor lain, Menjamin kualitas dan kuantitas produk), Strategi WT
(Meningkatkan dalam pengelolaan manajemen, Menjalin keijasama dengan intutisi yang
berkompeten).