Abstract:
Sumber daya manusia yang dikelola dengan baik akan menghasilkan karyawan yang
unggul dan kompeten dalam menyesaikan pekerjan merupakan keinginan dari perusahaan.
Dikarnakan karyawan dan perusahaan memiliki ikatan yang saling menguntungan satu sama
lain.
Tetapi perusahaan juga harus memberikan perhatian kepada karyawan atas kepuasaan dari
hasil pekerjaannya ditempat mereka bekerja.dapat diketahui bahwa kabutuhan dan kepuasan
merupakan hubungan yang berkaitan langsung dan tidak dapat dipungkiri, maka apabila
kebutuhan karyawan dapat terpenuhi oleh perusahaan maka karyawan akan setia pada
pekerjaannya sehingga rasa kepuasan pun akan dirasakan lebih dengan apa yang telah
dihasilkan oleh karyawan itu sendiri. Dalam hal ini kepuasan kerja yang dimaksud adalah
kepuasan terhadap kebutuhan-kebutuhan yang diuraikan dalam teori abraham maslow, yaitu
kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan
kebutuhan aktualisasi diri. Apabila ke-5 kebutuhan itu tersebut sudah dipenuhi maka akan
menciptakan tingkat kepuasan kerja karyawan.
Penelitian ini ditunjukan untuk mengalisis bagaimana Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan
Dalam Terpenuhinya Tingkat Kebutuhan Menurut Abraham Maslow Di Bank BNI Kantor
Cabang Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini penulis menggunakan
metode deskriptif yaitu teknik pengumpulan, pengolahan, menyederkan, mengajikan dan
menganalisis data kualitatif secara menyeluruh Mengenai Tingkat Kepuasan Kerja
Karyawan Dalam Terpenuhinya Tingkat Kebutuhan Menurut Model Abraham Maslow.
Dalam hasil riset yang dilakukan menggunakan kuesioner responden yang merupakan
karyawan yang Bank BNI Kantor Cabang Bogor mengenai tingkat kebutuhan model
abraham maslow dapat diketahui bahwa kelima tingkatan kebutuhan diantaranya kebutuhan
fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan
aktualisasi diri dapat disimpulkan baik hal ini dapat dibuktikan dari data hasil pengolahan
kuesioner dan dapat dibandingkan dengan data fakta yang bersumber dari dalam perusahaan
itu sendiri. Selanjutnya untuk tingkat kepuasan kerja karyawan di Bank BNI Kantor Cabang
Bogor dapat disimpulkan baik. Dapat dilihat dari terpenuhinya kelima tingkat kebutuhan
karyawan.