Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan strategi pemasaran untuk
menghadapi persaingan pada PT. Dapetin Global Mandiri, mengidentifikasi faktor-faktor
internal maupun eksternal yang digunakan pada PT Dapetin Global Mandiri dengan
memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman.
Penelitian ini akan membahas mengenai faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi
kegiatan bisnis budidaya pembesaran belut seperti lingkungan internal yang terdiri dari
analisis fungsional seperti manajemen, produksi, keuangan, pemasaran dan MSDM serta
lingkungan eksternal yang mencakup faktor makro dan mikro yang ada pada PT Dapetin
Global Mandiri.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Jenis
penelitian, metode pengumpulan data dan metode analisis. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif berupa studi kasus mengenai
strategi pemasaran pada PT Dapetin Global Mandiri. Metode pengumpulan data yang
digunakan berupa data primer yang meliputi wawancara, observasi serta kuisioner.
Adapun data sekundernya berupa pengumpulan informasi dari sumber-sumber seperti
kepustakaan, iterator buku dan penelitian sebelumnya. Metode analisisnya menggunakan
matriks evaluasi faktor eksternal, matriks evaluasi faktor internal dan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil pembahasan menggunakan matriks EFE, matriks IFE dan
matriks SWOT guna mendapatkan alternatif strategi pada PT Dapetin Global Mandiri,
secara hasil yang diperoleh dari matriks EFE yakni berada pada peringkat 3 dengan total
score sebesar 3,201 yang menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada di atas rata-rata
dalam memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman. Dari hasil matriks IFE yakni
berada pada peringkat 3 dengan total score sebesar 3,079 yang menunjukkan bahwa
posisi perusahaan kuat dalam memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan.
Kemudian dari hasil matriks SWOT, diperoleh 8 (delapan) macam alternatif strategi.