FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Peramalan Penjualan (Sales Forecasting) Dalam Mengestimasi Permintaan Mendatang Kendaraan Merek Toyota Pada PT. Astra International Tbk.- Toyota Sales Operation (Auto 2000) Cabang Bogor

Show simple item record

dc.contributor.author Juliawaty, Irma
dc.date.accessioned 2022-02-08T07:13:37Z
dc.date.available 2022-02-08T07:13:37Z
dc.date.issued 2004
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1437
dc.description.abstract Meskipun kondisi perekonomian Indonesia sempat terpuruk pada pertengahan tahun 1997, namun sejak 1999 industri otomotif Indonesia kembali berkembang. Industri Ini jika diamati masih cukup memiliki prospek yang baik dalam dunia bisnis di Indonesia, terbukti dengan semakin membanjirnya mobil-mobil baru yang diluncurkan oleh para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) baik yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif nasional maupan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) baru yang memasarkan produknya di Indonesia, hasilnya pasar menerima dengan baik perkembangan tersebut. Dengan adanya persaingan yang semakin marak maka perencanaan bisnis yang baik sangat diperlukan bagi perusahaan. Untuk itulah analisa pasar sangat berguna dalam menyusun program rencana perusahaan. Dalam mengikuti perkembangan permintaan pasar otomotif di masa mendatang diperlukanlah forecasting yang salah satunya dilakukan terbadap hasil penjualan historis perusahaan. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik melakukan riset untuk mengetehui besarnya peluang potensi pasar otomotif di Indonesia dengan melakukan peramalan dari segi penjualan produk-produk otomotif khususnya varian produk merek Toyota dengan tujuan : 1) mengetahui pelaksanaan kegiatan peramalan penjualan kendaraan merek Toyota yang dilakukan oleh PT Astra International Toyota Sales Operation (AUTO 2000) Gabang Bogor 2) mengetahui peranan peramalan penjualan dalam mengestimasi permintaan kendaraan merek Toyota di masa yang akan datang. Untuk mendapatkan hasil peramalan yang baik, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan metode peramalan yang tepat selain dilihat dari jangka waktu peramalan dan ukuran akurasi peramalan, yaitu dengan mengetahui pola data deret waktunya. Dari hasil pengamatan dengan menggunakan analisis auto-korelasi diketahui bahwa pola data volume hasil penjualan kendaraan merek Toyota yang diperoleh dari hasil penelitian di PT. Astra International Tbk.- Toyota Sales Operation (AUTO 2000) cabang Bogor tersebut mempunyai pola data yang bersifat acak (irreguler). Dikarenakan datanya bersifat acak, maka peramalan selanjutrya dilakukan dengan metode pemulusan. Metode pemulusan yang dipakai dalam pembahasan yaitu menggunakan Triple Exponential Smoothing Kuadratik Satu Parameter dari Brown dengan konstanta pemulusan a = 0,1. peramalan tersebut diperoleh sebesar GFE-39,10, MAD = 12,31, MSE=341,98, MAPE = 16,77% dan MPE = -3,80 %. Sedangkan estimasi untuk jumlah permintaan mendatang kendaraan merek Toyota di AUTO 2000 Cabang Bogor dengan melakukan analisis peramalan penjualan menggunakan Triple Exponential Smoothing Kuadratik Satu Parameter dari Brown dibuat dengan periode dasar bulan Desember 2003 hasilnya diproyeksikan permintaan kendaraan pada Januari 2004 sebanyak 109 unit, Februari 20CM sebanyak 110 unit, Maret 2004 sebanyak 102 unit April 2004 sebanyak 103 unit, dan seterusnya. en_US
dc.description.sponsorship Oktori K. Zaini - Sri Pudjawati en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Ramalan Penjualan, Estimasi en_US
dc.title Analisis Peramalan Penjualan (Sales Forecasting) Dalam Mengestimasi Permintaan Mendatang Kendaraan Merek Toyota Pada PT. Astra International Tbk.- Toyota Sales Operation (Auto 2000) Cabang Bogor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account