Abstract:
Dalatn era globalisasi saat ini, persaingan yang ketat dalam berbagai bidang pekerjaan
membuat manusia yang terlibat di dalamnya ingin memberikan yang terbaik untuk orang
lain. Memberikan pelayanan yang baik sangatlah penting bagi perusahaan untuk
memberikan rasa puas kepada konsumennya. PT. Khadim Permata Tour merupakan
salah satu jasa pelayanan bimbingan ibadah yang berada di kota Bogor memiliki
jemaah yang cukup banyak terutama untuk jemaah yang memilih paket umroh
reguler. Berikut adalah data jemaah umroh tahun 2014-2015 : Desember 50, Januari 55,
Februari 42, Maret 40, April 43, Mel 28, Juni 17, Desember 115, dari data tersebut
diketahui terjadi fluktuasi setiap bulan dan perusahaan masih menemui beberapa
kendala, yaitu kurang luasnya lahan parkir, dan tidak adanya petugas parkir.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan diantara variabel-variabel penelitian
tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan jemaah
umroh.
Penelitian mengenai Kuaiitas Pelayanan yang dilakukan PT. Khadim Permata Tour
Batutuiis Bogor, untuk mengetahui kepuasan jemaah umroh PT. Khadim Permata Tour
Batutuiis Bogor, dan untuk mengetahui hubungan kuaiitas pelayanan terhadap kepuasan
jemaah umroh pada PT. Khadim Permata Tour Batutuiis Bogor, dengan menggunakan
data primer dan sekunder. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan jumlah 110
Jemaah. Metode analisis yang digunakan kualitatif. Menggunakan analisis range
spearmen dan Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian mengungkapkan hubungan korelasi yang didapat dari uji korelasi rank
spearmen sebagai berikut, tangibles terhadap tingkat kepuasan konsumen rendah dengan
nilai korelasi sebesar 0,274, reliability memiliki hubungan yang rendah terhadap
kepuasan konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,280, responsiveness memiliki
hubungan yang sedang dengan nilai korelasi 0,419, assurance berhubungan rendah
terhadap tingkat kepuasan jemaah umroh dengan nilai korelasi sebesar 0,252, emphaty
memiliki hubungan yang rendah terhadap tingkat kepuasan jemaah umroh dengan nilai
korelasi 0,361. Berdasarkan hasil R dapat disimpulkan bahwa koeflsien korelasi (R)
sebesar 0,462 artinya korelasi antara tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan
emphaty memiliki hubungan yang sedang. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R^)
sebesar 0,213 atau 21,3% artinya kontribusi kuaiitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen sebesar 21,3% sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel selain
kuaiitas pelayanan.
PT. Khadim Permata Tour ada hams lebih memperhatikan lagi beberapa indikator yang
dirasa masih kurang, yaitu petugas memiliki penampilan yang rapi, keandalan dalam
penanganan masalah jemaah, kesediaan untuk membantu jemaah. Dari hal tersebut maka
PT. Khadim Permata Tour hasms lebih meningkatkan pelayanan agar kualits
pelayanannya semakin baik lagi.
PT. Khadim Permata Tour ada hams lebih memperhatikan lagi beberapa indikator yang
dirasa masih kurang yaitu petugas memiliki penampilan yang rapi, keandalan dalam
penanganan masalah jemaah, kesediaan untuk membantu jemaah. Dari hal dia atas maka
PT. Khadim Permata Tour hams meningkatkan lagi kuaiitas pelayanan yang di berikan
kepada jemaah umroh, agar kepusan jemaah semakin meningkat lagi.