Abstract:
CV Cok Takeshi Furniture adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan
penjualan mebel furniture. Produk CV Cok Takeshi Furniture memproduksi dan menjual
berbagai jenis mebel furniture keperluan rumah tangga dan perkantoran. CV. Cok Takeshi
Furniture dari tahun 2013 sampai dengan tahun 201S terjadi kenaikan dan penurunan
penjualan. Hal tersebut diindikasikan karena adanya penurunan kualitas produk meja kantor
yang diberikan kepada konsumen yang membuat konsumen tidak puas atas kualitas produk
meja kantor yang diberikan sehingga kepuasan konsumen yang diharapkan perusahaan tidak
tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas produk (kinerja,
keistimewaan, kehandalan, kesesuaian, daya tahan, estetika) terhadap kepuasan konsumen
pada CV Cok Takeshi Furniture. Penelitian dilakukan pada CV Cok Takeshi Furniture. Jenis
penelitian ini adalah deskritif eksploratif dengan metode studi kasus. Penelitian ini
menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
koefisien korelasi rank spearman.
Hasil perhitungan korelasi menjelaskan tentang nilai koefisien korelasi dan nilai signifikansi
antara variabel kualitas produk dengan kepuasan. Korelasi antara variabel kualitas produk
dengan kepuasan didapat nilai koefisien sebesar 0,526, Karena nilai koefisien berada pada
rentang 0,40-0,599 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kualitas produk dengan
kepuasan adalah sedang. Hasil dari analisis menunjukkan kualitas produk dapat
mempengaruhi kepuasan sebesar 27,66%, Sedangkan sisanya sebesar 72,34% dipengaruhi
oleh faktor lain di luar kualitas produk.