Abstract:
Hotel merupakan suatu bentuk bangunan, lambang perusahaan atau badan usaha akomodasi
yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta
fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum,
baik mereka yang bemalam dihotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan
fasilitas tertentu yang dimiliki oleh hotel tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
posisi hotel dan pesaingnya yaitu tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi hotel yang dilakukan oleh Ria Diani
Family Hotel And Convention dengan para pesaing pokoknya yaitu Andalus Boutique Hotel,
Belva Hotel dan Pumama Hotel dalam mengembangkan dan memasarkan pariwisata pada
kawasan Puncak Bogor serta hasil yang telah dicapai dari rencana strategis yang telah
dilakukan tersebut. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah pengalaman
penulis lewat penelitian yang dilakukan serta dapat memberikan informasi kepada pihak
yang memberikan perhatian terhadap dunia kepariwisataan dan perkembangannya.
Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian deskriptif-eksploratif, menggunakan data
sekunder dan data primer dengan perhitungan menggunakan metode Matriks Boston
Consulting Group (Matriks BCG).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Ria Diani Family Hotel and Convention dengan
pangsa pasar relativ {relative market share) sebesar 0,33 dan pertumbuhan pasar {mar^t
growth) sebesar 36,94%. Andalus Boutique Hotel dengan pasar relativ (relative market
share) sebesar 0,53 dan pertumbuhan pasar (market growth) sebesar -15,62/o. Belva Hotel
dengan pangsa pasar relativ (relative market share) sebesar 0,21 dan pertumbuhan p^ar
(market growth) sebesar 11,66%. Pumama Hotel dengan pangsa pasar relativ (relative
market share) sebesar 0,29 dan pertumbuhan pasar (market growth) sebesar 5,52/o.
Posisi persaingan antara yaitu Ria Diani Family Hotel and Convention berada pada posisi
"stars'", mempakan pemimpin pasar (market leader) dengan memiliki pangsa pasar yang
tinggi di pasar yang berkerabang. Andalus Boutique Hotel berada pada posisi cash cov^,
pemsahaan dalam kondisi ini berada pada posisi pasar dalam kondisi telah dewas^ tingkat
pertumbuhan relative tendah. Belva Hotel mempakan hotel yang berada pada posisi
"question marks", pemsahan dalam kondisi ini menghadapi masalah p^gsa pasar yang
rendah namun yang teijadi justm dalam kondisi pertumbuhan yang tinggi. Sc - : .
Purnama Hotel merupakan hotel yang berada pada posisi 'dogs", berada pada posisi pangsa
pasar yang rendah dalam pasar yang pertumbuhannya juga rendah.