Abstract:
Semakin beragamnya toko ritel di Indonesia membuat konsumen memiliki banyak
pertimbangan dalam menentukan toko untuk berbelanja. Jika kinerja suatu ritel store berada
dibawah harapan maka konsumen akan tidak puas dan konsumen pun tidak akan menjadikan
toko tersebut sebagai preferensi mereka dalam berbelanja. Jika kinerja melebihi harapan
maka konsumen akan merasa puas dan menjadikan toko tersebut sebagai preferensi mereka
dalam berbelanja. Untuk mengetahui lebih dalam dilakukan penelitian pada Foodmart
cabang Atrium Plaza Jakarta Pusat.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis store image terhadap preferensi konsumen.
Dengan menggunakan data primer dan sekunder yaitu wawancara, observasi, kuesioner
terhadap 150 responden. Metode penarikan sampel dengan cara accidental sampling.
Analisis data deskriptif, dan analisis kesenjangan atau tingkat kesesuaian yaitu dengan
membandingkan antara tingkat kinerja dengan tingkat harapan dengan menggunakan
diagram kartesius. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara keseluruhan skor tingkat
kinerja dan tingkat harapan terhadap atribut store image Foodmart cabang Atrium Plaza
Jakarta Pusat sebesar 90%, karena berdasarkan ketentuan bahwa untuk mencapai hasil
kesesuaian atau preferensi harus mencapai 100%, maka secara umum atribut store image
pada Foodmart cabang Atrium Plaza Jakarta Pusat belum memenuhi preferensi konsumen.