Abstract:
Sumber Daya Manusia pada hakekatnya merupakan salah satu modal yang sangat
berharga dan memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.
Pasar Kebayoran Lama merupakan salah satu dari 151 pasar tradisional yang ada di Jakarta
ymg dikelola oleh PD.Pasar Jaya Berdasarkan pengamatan sementara yang penulis lakukan,
kinerja pegawai Unit Pasar Besar Kebayoran Lama belum optimaI,yang menyebabkan
Penurunan kinega pegawai, karena disebabkan tidak terpenuhinya faktor-faktor yang dapat
meningkatkan kinerja. Salah satunya adalah Kepuasan Kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mencari dan memperoleh data yang
berhubungan dengan judul yang penulis buat dan untuk mengetahui secara langsung
Bagaimana hubungan antara Kepuasan Kerja Dengan Kineija para Pegawai PD.Pasar Jaya
Unit Pasar Besar Kebayoran Lama. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel
(Bebas) Kepuasan Keija, dan Variabel (Tidak Bebas) Yaitu Kinerja. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasional. Metode yang dipakai dalam penelitian
ini adalah Explanatory Survey. Adapun teknik Analisa data dilakukan dengan metode
Korelasi Spearman Rank menggunakan SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan interval kepuasan kerja sebesar
30,77% yang berada dalam kategori kurang baik. Dan hasil perhitungan interval kineija
pegawai sebesar 38,47% yang berada dalam kategori kurang baik. Sedangkan hubungan
kepuasan kega dengan kinega pegawai PD. Pasar Jaya Unit Pasar Besar Kebayoran Lama
termasuk dalam kategori kuat yaitu 0,737 setelah diuji dengan analisis korelasi spearman
rank. Dengan demikian dapat diintrepertasikan bahwa pegawai setuju bahwa kepuasan kerja
memang mempengaruhi kinega mereka untuk bisa bekega lebih baik lagi. Sed^gkan Hasil
dari analisis Koefisien Deteiminasi menunjukkan kepuasan kega d^at mempengaruhi turun
naiknya kinerja sebesar 54.31%, Sedangkan sisanya sebesar 45.69% dipengaruhi oleh faktor
lain ^ luar kinega Dan nilai t hitung > t tabel (3.619 > 2,201) Karena nilai t hitung lebih
besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, Artinya terdapat hubungan yang positif
antara variabel X (Kepuasan Kega) dan variabel Y (Kinerja). Naraun demikian masih ada
beberapa temuan yang penulis dapat dari penelitian, untuk itu penulis menyarankan sebagai
berikut;
1. Pemsahaan harus lebih memperhatikan lagi kepuasan kerja para pegawainya.
2. Pegawai perlu meningkatkan kinega mereka, agar peruse^aan menjadi lebih baik lagi
kedepannya.
IV