Abstract:
Aris Amar Ma’arif. 021113569. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Perlengkapan Kemping Consina Store Bogor. Dibawah Bimbingan Sri Hartini dan Anggota
Komisi Pembimbing Nizam Andrianto.
Consina Segara Alam merupakan perusahaan garmen yang ditujukan untuk memenuhi
kebutuhan untuk kegiatan mendaki gunung atau kegiatan pecinta alam lainnya seperti Camping,
Trekking, Paragliding, Fishing, Diving, Caving, Rafting, dan Outbond.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data-data dan informasi tentang
pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian perlengkapan kemping consina dengan
menggunakan metode wawancara dan kuisioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen
Consina Store Bogor Metode Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linier
berganda.
Dengan menggunakan rumus regresi linier berganda terdapat pengaruh yang signifikan antara
varibael kualitas produk dengan indikator Persepsi Terhadap Kualitas (Perceived Quality) sebesar
(0,000 < 0,05), terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi lebih kecil dari < 0,05.
Sedangkan kinerja (Performance) sebesar 0,05 yaitu 0,225 (0,225 > 0,05), Fitur (Features) sebesar
0,111 (0,111 > 0,05), Kehandalan (Realibility) sebesar 0,164 (0,164 > 0,05), Konfirmasi
(Conformance) sebesar 0,636 (0,636 > 0,05), Daya Tahan (Durability) sebesar (0,237 > 0,05),
Pelayanan (Serviceability) sebesar 0,094 (0,094 > 0,05), (Aesthetics) 0,576 (0,576 > 0,05), tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikasi lebih besar dari > 0,05.
Pengaruh kualitas produk secara keseluruhan dapat dilihat melalui nilai Fhitung > Ftabel (30,007 >
3,94), maka penelitian ini menolak hipotesis Ho, dan menerima hipotesis alternatif Ha. variabel
kualitas produk dengan indikator Kinerja (Performances), Fitur (Features), Kehandalan (Realiability),
Konfirmasi (Conformance), Daya tahan (Durability), Pelayanan (Serviceability), Estetika (Aesthetics),
Persepsi terhadap kualitas (Perceived Quality) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
variabel keputusan pembelian dengan nilai R Square 72,5% sedangkan sisanya 27,5% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Keputusan pembelian