Abstract:
Alfi Amalia 021113507. Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah
Pertama di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus SMP full day Al-Muhajirin Purwakarta), di
bawah Bimbingan Oktori Kiswati Z dan Sri Hidajati Ramdani, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis strategi pemasaran yang
dilakukan oleh SMP fullday Al-Muhajirin Purwakarta. Metode penelitian yang di gunakan
berupa analisis SWOT dan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan
melakukan wawancara dan observasi langsung pada kepala sekolah, guru dan pihak-pihak
yang terkait. Selain itu adanya tambahan data pendukung dari buku-buku bacaan dan juga
sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang di peroleh dari hasil
pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk
mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi
pemasaran yang dilakukan oleh sekolah.
Hasil dari penelitian ini ialah dimana kondisi sekolah SMP full day Al-Muhajirin
Purwakarta di lihat dari strategi pemasaran mengalami pertumbuhan yang positif dan dengan
demikian maka kekuatan sekolah berkembang secara baik. Akan tetapi dalam menghadapi
para pesaing sekolah SMP full day Al-Muhajirin akan menghadapi kendala dan mengalami
ancaman. Berikut beberapa alternati strategi untuk SMP full dayAl-Muhajirin Purwakarta
yaitu diantaranya, meningkatkan kualitas pembelajaran antar guru dan siswa, memperluas
kerjasama antar sekolah dengan melakukan lomba-lomba antar sekolah ataupun mengadakan
program tukar pelajar, mengoptimalkan program-prgram sekolah, memperkuat sistem
promosi, serta meningkatkan kualitias fasilitas sarana dan prasarana sekolah.
Kata Kunci : Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran