Abstract:
Fenomena antrian sering kita jumpai di berbagai fasilitas umum, salah satunya
dapat terlihat pada antrian pasien yang menunggu proses peiayanan Pendaftaran
Poliklinik di RJS. Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo. Pasien yang datang untuk
mendapatkan pelayanan kesehatan setiap harinya tidak selalu sama. Bahkan jumlah
pasien akan meningkat pada setiap musim pancaroba, tidak hanya pasien yang secara
intensif melakukan pemeriksaan (pasien lama) tetapi juga setiap Hari ada pasien baru
yang antri imtuk mendapatkan pelayanan. Dragan antrian tersebut, maka pasien yang
menunggu untuk mendapatkan pelayanan akan semakin bertambah banyak. Sistem
antrian sangat penting untuk dilaksanakan temtama bagi perusahaan jasa untuk
menciptakan kedisiplinan waktu dan juga kontinuitas perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis sistem antrian dalam
meningkatkan efisiensi waktu pelayanan pada bagian Pendaftaran Poliklinik di RS. Pam
Dr. M. Goenawan Partowidigdo.
Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan berstruktur antrian Multi
Channel Multi Phase dan memakai metode analisis dengan Model Jalur Berganda.
Sebaiknya pada bagian Pendaftaran Poliklinik di RS. Pam Dr. M. Goenawan
Partowi^gdo, mempertahankan jumlah pelayanan dengan 3 counter atau loket tanpa
menambah atau mengurangi jumlah pelayanan karena jumlah counter yang ada, sudah
dapat mengatasi jumlah pasien yang ^tang per harinya. Oleh karena itu, jumlah layanan
tetap dijaga dan dipertahankan agar biaya yang dikeluarkan tetap efisien.