FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Bakso Intan Family

Show simple item record

dc.contributor.author Hapsari, Rahma Garsina Citraresmi Siti
dc.date.accessioned 2025-02-08T01:32:29Z
dc.date.available 2025-02-08T01:32:29Z
dc.date.issued 2024-07-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9135
dc.description.abstract RAHMA GARSINA CITRARESMI SITI HAPSARI. 021117269. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Bakso Intan Family. Di bawah bimbingan : SALMAH dan TUTUS RULLY. 2024 Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memengaruhi berbagai sektor termasuk sektor UMKM, meskipun pandemi Covid-19 telah berubah menjadi endemi namun berbagai usaha yang ada masih berusaha untuk pulih kembali. Sehingga setiap pelaku usaha harus dapat membuat keputusan strategi yang tepat agar usaha dapat terus berjalan dan bertahan. Salah satu usaha yang terdampak yakni Mie Ayam Bakso Intan Family, yang mengalami penurunan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal, serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk usaha Mie Ayam Bakso Intan Family untuk meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif (eksploratif) dengan metode studi kasus dengan pendekatan yang digunakan memakai kualitatif, dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian menggunakan matriks IFE didapatkan faktor kekuatan tertinggi yakni kualitas dan rasa yang tetap terjaga, serta harga produk yang terjangkau dengan skor yang sama yakni 0,64 dan faktor kelemahan tertinggi yaitu pemasaran masih berfokus pada word of mouth dengan skor 0,55. Berdasarkan matriks EFE, faktor peluang tertinggi dengan skor sama sebesar 0,32 yakni lokasi yang strategis serta tren konsumsi mie dan bakso di Indonesia dan faktor ancaman tertinggi dengan skor sama sebesar 0,32 yaitu peningkatan jumlah pesaing pendatang baru dan pesaing usaha dari level UMKM hingga perusahaan. Berdasarkan hasil matriks IE menunjukkan posisi usaha berada pada posisi kuadran I yakni growth and build. Berdasarkan matriks IE dan SWOT, strategi yang dapat digunakan yakni strategi intensif seperti penetrasi pasar serta pengembangan produk Kata kunci : Strategi pemasaran, IE, SWOT en_US
dc.description.sponsorship Salmah - Tutus Rully en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Strategi pemasaran, IE, SWOT en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Bakso Intan Family en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account