Abstract:
YOHANES EPA NAHAK TETIK, 022117104, Pengukuran Kinerja Perusahaan
dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Nusantara Depok Mulia. Di bawah
bimbingan HENDRO SASONGKO dan AGUNG FAJAR ILMIYONO, 2024.
Produktivitas dan kinerja organisasi sangat bergantung pada kemampuan dan kompetensi
SDM. Penggunaan Balanced Scorecard sebagai metode pengukuran kinerja di perusahaan
dapat memberikan informasi komprehensif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi
operasional serta memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal. Hingga saat ini, PT
Nusantara Depok Mulia belum menerapkan Balanced Scorecard untuk mengukur kinerjanya,
yang hanya bergantung pada ukuran keuangan dan standar pemerintah. Pendekatan ini belum
mencakup aspek penting seperti kepuasan pelanggan dan retensi karyawan yang diperlukan
untuk menilai kinerja perusahaan secara menyeluruh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan
untuk meneliti pengaruh keempat perspektif Balanced Scorecard terhadap kinerja PT
Nusantara Depok Mulia.
Dalam penelitian ini, populasi yang diteliti adalah karyawan PT Nusantara Depok Mulia yang
dipilih menggunakan teknik convenience sampling, terdiri dari 16 responden. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25.0
dengan menerapkan statistik deskriptif dan uji validitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang
kurang baik, pada perspektif pelanggan menunjukkan kinerja yang baik, pada perspektif
proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang sangat baik, pada pertumbuhan dan
pembelajaran menunjukkan kinerja yang sangat baik.
Kata kunci: balanced scorecard, pengukuran kinerja, kinerja