Abstract:
RASYIA SABILLAH. 021120009. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2023. Di bawah bimbingan : EDHI ASMIRANTHO DAN BAMBANG WAHYUDIONO. 2024.
Corporate Social Responsibility adalah bentuk dari rasa peduli suatu perusahaan yang berdasar pada triple bottom lines, yaitu profit, people, dan planet. Corporate Social Responsibility dapat menjadi salah satu dasar pertimbangan para investor untuk menanamkan modalnya, serta dapat meningkatkan citra perusahaan untuk menarik perhatian konsumen sehingga perusahaan mencapai tujuannya dengan maksimal. Kepercayaan konsumen dan para investor akan memberikan dampak positif terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Sales (ROS), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Sales (ROS), dan Net Profit Margin (NPM). Sedangkan, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS). Hal ini membuktikan pentingnya bagi para investor ketika akan menanamkan modal pada perusahaan untuk melihat aspek pertanggungjawaban perusahaan kepada pihak internal maupun eksternal melalui pengungkapan Corporate Social Responsibility pada annual report atau sustainability report.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility , Kinerja Keuangan