Abstract:
WIDYA PRAMESWARI. 021120228. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett Whitening Pada Mahasiswa/i FEB
Universitas Pakuan, di bawah bimbingan HARI MUHARAM dan SRI HARTINI. 2024.
Seiring dengan meningkatnya industri kecantikan di Indonesia setiap tahunnya, menyebabkan
banyak produsen yang menciptakan skincare dan bodycare lokal yang sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia. Disisi lain, kualitas produk dan promosi
produk menggunakan brand ambassador dari aktor aktris terkenal merupakan faktor penting
yang dipertimbangkan konsumen sebelum melakukan pembelian skincare. Berdasarkan total
penjualan produk Scarlett Whitening dari tahun 2020-2023, terjadi penurunan penjualan
sebesar 24,29% pada tahun 2023 dibandingkan dengan penjualannya pada tahun 2022. Hal ini
menunjukkan bahwa adanya pengurangan pada keputusan pembelian pada produk skincare
Scarlett Whitening.
Jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Brand Ambassador terhadap Keputusan
Pembelian Skincare Scarlett Whitening. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak
100 responden yang terdiri dari Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan
Angkatan 2020-2023 dengan kriteria pernah membeli dan memakai produk skincare Scarlett
Whitening. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik analisis
yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan bantuan program SPSS versi 26
tahun 2018.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Brand Ambassador
berpengaruh secara positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian. Hasil
uji F menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Brand Ambassador berpengaruh secara positif
dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian
Kata Kunci: Kualitas Produk, Brand Ambassador, Dan Keputusan Pembelian