FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

REPOSITORY SKRIPSI

Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan Terhadap Underpricing Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Pada Sektor Barang Konsumen Primer yang IPO Periode 2019-2022

Show simple item record

dc.contributor.author Sakhela Devanti, Hellen
dc.date.accessioned 2024-11-14T02:04:41Z
dc.date.available 2024-11-14T02:04:41Z
dc.date.issued 2024-07-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9034
dc.description.abstract HELLEN SAKHELA DEVANTI. 021120293. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan Terhadap Underpricing Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Pada Sektor Barang Konsumen Primer yang IPO Periode 2019-2022. Di bawah bimbingan: YOHANES INDRAYONO dan FITRA SYAFAAT. 2024. Salah satu sumber permodalan yang umum digunakan adalah melalui penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Saat perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO), seringkali terjadi underpricing, di mana harga saham saat pertama kali diperdagangkan di pasar sekunder setelah IPO lebih rendah dari harga penawaran awal yang ditetapkan oleh perusahaan. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan indeks pasar saham yang mencakup saham-saham perusahaan yang memenuhi kriteria syariah Islam. ISSI dirancang untuk mencerminkan kinerja pasar saham yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan nilai perusahaan terhadap underpricing Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada sektor barang konsumen primer yang IPO periode 2019-2022 baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Jenis data menggunakan data kuantitatif yaitu data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 28 perusahaan, sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling, sehingga didapatkan hasil sebanyak 26 perusahaan yang memenuhi kriteria dalam pemilihan sampel. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Secara simultan ukuran perusahaan dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh ukuran perusahaan dan nilai perusahaan terhadap underpricing sebesar 1,23% sedangkan sisanya sebesar 98,77% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Underpricing, Saham Syariah, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, IPO en_US
dc.description.sponsorship Yohanes Indrayono - Fitra Syafaat en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan en_US
dc.subject Underpricing, Saham Syariah, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, IPO en_US
dc.title Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan Terhadap Underpricing Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Pada Sektor Barang Konsumen Primer yang IPO Periode 2019-2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account