Abstract:
JERI SUKANDAR, 022119143. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022. Dibawah bimbingan: ASEP ALIPUDIN dan DESSY HERLISNAWATI. 2024.
Laba menjadi tolak ukur keberhasilan dalam suatu usaha. Umumnya setiap perusahaan memiliki target atau tujuan yang ingin dicapai, dalam hal ini peran manajemen perusahaan sangat dibutuhkan dalam mengendalikan laba sebaik mungkin agar perusahaan dapat mendapatkan laba yang maksimal. Jika laba tidak bisa diperoleh dengan maksimal tentunya target atau tujuan perusaahan pun tidak akan tercapai yang tentunya berpengaruh terhadap kelangsungan suatu perusahaan atau bisa disebut juga dengan istilah going concern. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi laba diantaranya biaya produksi dan biaya promosi serta banyaknya penjualan yang dihaslikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh secara parsial maupun simultan variabel biaya produksi, biaya promosi dan penjualan terhadap laba bersih.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dan diperoleh 4 perusahaan yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas dan analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda dengan uji signifikan simultan (uji F), uji parsial (uji T) dan uji determinasi R Square menggunakan software SPSS 23.
Pengujian secara parsial menunjukan bahwa biaya produksi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih, biaya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih dan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih. Sedangkan pengujian secara simultan menunjukan bahwa biaya produksi, biaya promosi, dan penjualan terdapat pengaruh terhadap laba bersih.
Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Penjualan, Laba Bersih