Abstract:
ANANDA MARISA ELIANI. 021117270. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Harga
Terhadap Perpindahan Merek dari Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Pengguna
Smartphone di Erafone Megastore Plaza Jambu Dua Bogor). Di bawah bimbingan : HJ. SRI
HARTINI dan BAYU DWI PRASETYO. 2022.
Pada era digital sekarang media telekomunikasi menjadi semakin berkembang
dengan keberadaan ponsel pintar atau smartphone. Di Indonesia sendiri perkembangan
smartphone mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya adalah smartphone merek
Samsung. Menurut data dari IDC pada tahun 2017 – 2022 market share produk handphone
tersebut di Indonesia menurun. Berdasarkan pra survey yang telah dilakukan oleh penulis
bahwa konsumen merasa kurang puas dengan produk Samsung karena kualitas dan
kinerjanya kurang baik. Harga yang ditawarkan smartphone tersebut relatif mahal
dibandingkan smartphone merek yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh ketidakpuasan konsumen dan harga terhadap perpindahan merek dari Smartphone
Merek Samsung di Erafone Jambu Dua Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
pengguna smartphone yang sempat atau pernah menggunakan smartphone merek Samsung
di Erafone Jambu Dua Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
sampel dengan menggunakan metode penarikan sampel yakni menggunakan non-probabylity
sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan
kuesioner yang sudah lulus uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda dengan syarat pengujiannya yakni uji asumsi klasik dan uji
hipotesis dimana ada beberapa tahap pengujiannya yakni uji parsial (uji t) dan uji simultan
(uji f) serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial menghasilkan nilai signifikansi
0,000 < dari 0,05 dari variabel Ketidakpuasan Konsumen (X1) sehingga berpengaruh
terhadap variabel Perpindahan Merek (Y). Kemudian, variabel Harga (X2) secara parsial
menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < dari 0,05 artinya berpengaruh terhadap Perpindahan
Merek (Y). Selain itu, secara simultan bahwa variabel Ketidakpuasan Konsumen (X1) dan
Harga (X2) berpengaruh terhadap variabel Perpindahan Merek (Y) hal tersebut terbukti dari
hasil pada nilai signifikansi senilai 0,000 < dari 0,05. Adapun nilai koefisien determinasi
senilai 0,332 atau menunjukkan sebesar 33,2% Ketidakpuasan Konsumen dan Harga
mempunyai pengaruh terhadap Perpindahan Merek dari smartphone Samsung di Erafone
Jambu Dua Bogor. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci: Harga, Ketidakpuasan Konsumen, Perpindahan Merek