Abstract:
ADISTI ZALFA FIRYAL. 022120106. Penerapan Analisis Break Even Point dalam Menentukan Perencanaan Laba Penjualan Sandal Pada UMKM Elgon Tahun 2022. Dibawah bimbingan : KETUT SUNARTA dan AMELIA RAHMI. 2024.
UMKM Elgon merupakan sebuah usaha manufaktur yang memproduksi sandal. Usaha ini berada di Jalan Kampung Sawah Hilir No.10 Ciomas Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan bahwa UMKM Elgon belum melakukan perencanaan laba yang terstruktur, sehingga belum mengetahui tingkat penjualan yang diperlukan untuk mencapai target laba. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki perencanaan laba yang terstruktur untuk memastikan produksi berjalan lancar dan mencapai laba sesuai dengan target yang ditetapkan, sehingga dibutuhkan Analisis Break Even Point sebagai alat perencanaan laba oleh manajemen agar sesuai dengan laba yang diinginkan dan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya biaya tetap dan variabel, titik impas, dan mengetahui laba yang diinginkan melalui perencanaan laba.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif pada UMKM Elgon, sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengambilan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Break Even Point, Margin Contribution, Margin of Safety, dan Perencanaan Laba.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM Elgon sudah melakukan penjualan melebihi dari titik impas dan UMKM Elgon melakukan perencanaan laba dengan meningkatkan laba sebesar 20 % per produk dari pendapatan tahun 2022. Untuk mencapai perencanaan laba tersebut UMKM Elgon harus menjual sandal jepit gunung ukuran 33-37 sebesar 348 unit, sandal jepit gunung ukuran 39-43 sebesar 889 unit, sandal gunung ukuran 33-37 sebesar 190. unit dan sandal gunung ukuran 39-43 sebesar 1.270 unit.
Kata Kunci : Analisis Break Even Point, Perencanaan Laba, Margin Of Safety, Margin Contribution