Abstract:
ERLIANA NOVEMBRA. 021120096. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Wallet DANA di Kota Bogor. Dibawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan NIZAM M. ANDRIANTO. 2024.
Berkembangnya bisnis fintech berpengaruh terhadap munculnya perusahaan startup yang mulai bergerak dibidang keuangan digital. Salah satu produk tersebut yaitu e-wallet. Penggunaan e-wallet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan traksaksi keuangan yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. E-service quality yang diberikan oleh platform e-wallet menjadi faktor utama dalam menentukan tingkat kepuasan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelangggan e-wallet DANA di Kota Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden pengguna e-wallet DANA di Kota Bogor. Responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan total 100 responden, berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kusioner dan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi liniar sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelangggan, dan besarnya pengaruh atau kontribusinya sebesar 71,3%, sisanya 28,7% dipengaruhi oleh variabel selain e-service quality.
Kata kunci : E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, E-Wallet