Abstract:
SATRIA BAGAS. 021120062. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Second di Toko DS Store Second Branded. Dibawah bimbingan IMAN HILMAN dan EKA PATRA, 2024.
Zaman sekarang ini kebutuhan masyarakat itu semakin beragam, seperti halnya kebutuhan masyarakat akan pakaian. Pakaian juga banyak sekali jenisnya, akan tetapi fenomena yang sedang ramai di kalangan masyarakat saat ini yaitu mengenai fenomena pakaian bekas. Masyarakat menilai bahwa dengan berbelanja pakaian bekas, mampu menghemat pengeluaran mereka, dikarenakan harga yang terjangkau dengan kualitas yang layak pakai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian second pada konsumen DS Store Second Branded, selain itu juga ditujukan untuk menganalisis keputusan konsumen DS Store Second Branded dalam melakukan pembelian pakaian second.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu asosiatif menggunakan metode survei. Peneliti menggunakan teknik penelitian kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui survei, penyebaran kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil uji t untuk Harga secara parsial berpengaruh, hal tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai signifikansi harga <0,05 yaitu 0,033. Dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada Uji T Kualitas Produk berdasarkan dengan hasil yang telah diolah menunjukkan bahwa nilai signifikansi kualitas produk <0,05 yaitu 0,000. Dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil nilai F Hitung sebesar 25,907 dengan nilai F Tabel 3,09 sehingga F Hitung > F Tabel dan nilai tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan Harga dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Pada analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel Harga dan Kualitas Produk memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% merupakan kontribusi dari variabel lainnya.
Kata kunci : harga, kualitas produk, keputusan pembelian