Abstract:
Wildan Muslihun. 021119243. Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Scarlett Whitening. Dibawah bimbingan : Nizam M. Andrianto dan Aditya Prima Yudha. 2024.
Scarlett Whitening merupakan salah satu produk yang termasuk kedalam industri kecantikan dan perawatan di Indonesia yang diluncurkan oleh salah satu artis ternama Indonesia yaitu Felycia Angelista. EWOM merupakan salah satu hal yang penting dalam pemasaran Scarlett Whitening.E-WOM lebih efektif daripada promosi langsung yang dilakukan pemasar karena konsumen lebih mudah terpengaruh dan lebih mudah percaya oleh rekomendasi orang lain yang sudah merasakan manfaat dari suatu produk. Konsumen menjadi bagian yang memiliki potensi luar biasa dalam pemberitaan sebuah produk. Informasi yang beredar dari konsumen bisa bersifat positif atau negatif dapat mempengaruhi keputusan pembelian dalam pemilihan dari produk yang akan menjadi pilihan. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui apakah electronic word of mouth (E wom) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa/i aktif FEB Universitas Pakuan Lokasi penelitian Universitas Pakuan Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129. Analisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa ada maksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi untuk menghitung frekuensi relatif dan rata-rata dapat menggunakan SPSS
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan E-wom di social media Scarlett Whitening terhadap keputusan pembelian. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai sig yang diperoleh pada penggunaan E-wom di social media Scarlett Whitening terhadap keputusan pembelian sebesar 0,00 < 0,05. Penggunaan E-wom di sosial media Scarlett Whitening terbukti dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian