Abstract:
RANDY PUTRA 021118205. Minat Beli Konsumen Berdasarkan Social Media Marketing
Pada Daily Coffee Bogor. Dibawah bimbingan SRI HIDAJATI RAMDANI dan EKA
PATRA. 2024.
Minum kopi merupakan aktivitas yang sering dijumpai di berbagai tempat. Konsumsi
kopi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun ditengah peningkatan itu Daily
Coffee yang adalah salah satu coffee shop di kota Bogor mengalami penurunan minat beli
yang menyebabkan turunnya angka penjualan. hal ini diduga karena lemahnya aktivitas social
media marketing yang dilakukan Daily Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
apakah terdapat pengaruh social media marketing terhadap minat beli konsumen pada Daily
Coffee.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif.
Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Penentuan sampel menggunakan
metode penarikan sampel nonprobality sampling berdasarkan accidential sampling dengan
rumus slovin menghasilkan 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi
linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan tanggapan responden mengenai social media sebesar
50,25% dan minat beli sebesar 52,9%. Hasil regresi linear sederhana diperoleh koefisien
regresi sebesar 0,284 dan determinasi sebesar 8,2% dengan signifikasi 0,004 < 0,05 yang
diartikan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Minat Beli, Coffee Shop